Bab 83: Keterikatan

4 1 0
                                    

Pikiran Vanna akhirnya agak tenang setelah pamannya membawakan minuman herbal. Kekuatan obat-obatan dan alkohol selalu membantu meredakan ketegangan seseorang, apa pun zamannya.

"Setiap kali kau di rumah, kau selalu mimpi buruk, dan itu selalu tentang kejadian di masa kecilmu." Suara Dante Wayne terdengar dari belakang sang inkuisitor, yang keluar ke balkon dan mengamati kota.

" ... Sebagai seorang inkuisitor, ini adalah tanda kelemahan yang tidak diinginkan," Vanna bergumam. Dia lebih tinggi satu kepala dari pamannya, tetapi wanita itu tidak keberatan menunjukkan sisi aslinya di depan tetua yang secara efektif membesarkan dirinya sendiri. "Aku sedih."

" ... Apakah kau sudah bicara dengan Heidi?"

"Dia merekomendasikan empat jenis operasi otak dan dua perawatan tusukan saraf," Vanna mendesah, "Mengingat persahabatan kami selama bertahun-tahun, aku tidak memukulnya."

" ... Itu pasti sesuatu yang akan dia katakan, lagipula, dia tidak sering berurusan dengan orang normal." Dante Wayne menggelengkan kepalanya, "Sebenarnya, aku tidak menyangka bahwa setelah bertahun-tahun, kau masih terjebak oleh mimpi buruk malam itu."

"Kupikir aku juga sudah keluar dari sini." Vanna mengusap pelipisnya, "Mungkin ini benar-benar ada hubungannya dengan rumah besar ini. Begitu aku kembali ke sini, aku akan bermimpi tentang seperti apa rumah ini ... Mungkin aku harus mempertimbangkan untuk mengadakan upacara pengusiran setan lagi untuk rumah ini, kalau tidak aku akan terus berpikir bahwa rumah ini membawa bayang-bayang bencana itu ...."

Paman Dante merenungkan usulan itu dan tidak mengajukan keberatan. "Apakah masih ada api dalam mimpi burukmu kali ini?"

Vanna mengangguk: "Ya, ada kebakaran di mana-mana. Kau lolos dari kebakaran itu dengan aku di punggungmu. Aku bahkan ingat dengan jelas bahwa kita melarikan diri dari kota itu dari jalur pipa pabrik, dan sebuah bangunan yang terbakar di dekatnya perlahan-lahan runtuh dalam api ...."

Berbicara tentang hal itu, dia berhenti dan menatap pamannya: " ... Kau tidak ingat kebakaran itu, kan?"

"Bukan hanya aku yang tidak ingat, tidak ada orang lain yang ingat." Administrator berwajah serius itu perlahan menggelengkan kepalanya, "Aku hanya ingat pipa gas yang bocor dan para pengikut sekte yang mengamuk ... Ada banyak orang malam itu, tetapi hanya satu yang tampaknya ingat melihat api yang berkobar."

Vanna terdiam beberapa saat dan tenggelam dalam pikirannya yang mendalam. Kemudian setelah waktu yang tidak diketahui, dia tiba-tiba berkata dengan lembut: "Kecuali untuk insiden kebakaran, ingatanku dan ingatanmu konsisten ... Aku tidak mengerti apa pun saat itu, tetapi sekarang aku tahu betul bahwa ini pasti semacam kekuatan supernatural yang memberikan pengaruh. Bahkan setelah menjadi orang suci, aku masih tidak bisa menghilangkan pengaruh itu."

"Hanya ada dua jawaban. Orang yang bertanggung jawab sangat berkuasa sehingga meninggalkan jejak di jiwamu seumur hidup, atau sumber pengaruh insiden itu masih tersembunyi di suatu tempat di kota. Aku telah menyelidiki masalah ini selama bertahun-tahun, tetapi sayangnya, sejauh ini belum ada kemajuan."

Nada bicara Dante Wayne diakhiri dengan sedikit permintaan maaf. Bukan hanya karena tidak mampu menyelesaikan masalah keponakannya, tetapi juga karena gagal menyelidiki kasus lama sebagai pejabat pemerintah tertinggi.

Kekacauan Besar sebelas tahun lalu meninggalkan bekas luka yang sangat dalam, baik secara fisik maupun mental pada setiap orang yang terlibat.

Vanna tahu bahwa masalah ini bukan hanya bayangannya sendiri yang sedang bekerja, tetapi juga wabah di hati pamannya. Karena tidak tahu bagaimana menghibur orang lain dengan baik, sang inkuisitor hanya dapat mencoba mengalihkan topik: "Aku ingat banyak pemuja setan yang ditangkap saat itu. Dilihat dari jumlah penilaian setelah pertunangan, insiden itu bahkan lebih besar daripada insiden Matahari Hitam empat tahun lalu."

"Ya, ribuan orang ditangkap, begitu banyaknya sampai-sampai aku bertanya-tanya bagaimana mungkin begitu banyak pemuja bisa bersembunyi di dalam Pland tanpa diketahui." Dante Wayne mendesah, "Dan ada lebih dari satu sekte yang terlibat ... Ada pemuja matahari yang mengikuti matahari hitam, Pemusnahan yang menyembah dunia bawah, dan bahkan para misionaris Ender yang menyembah subruang itu sendiri ... Belatung-belatung di selokan itu semua muncul malam itu, gila dan mendatangkan malapetaka."

Vanna menatap Dante dengan lebih tajam sekarang: "Namun menurut hasil interogasi berikutnya, tidak ada satu pun penyabotase yang ditangkap oleh pihak berwenang yang dapat disebut sebagai dalang. Tidak seorang pun tahu mengapa mereka menyebabkan kekacauan malam itu. Seolah-olah mereka semua meledak pada saat yang sama dan menjadi gila secara kolektif."

Dante terdiam beberapa saat karena ia juga merasa itu tidak normal. Kemudian ia menyadari tatapan keponakannya: "Alasan kekesalanmu seharusnya bukan hanya karena mimpi buruk itu, kan? Tiba-tiba menyebutkan hal-hal ini ada hubungannya dengan situasi tidak stabil di City-States?"

Vanna tidak mengelak pertanyaan itu: "Memang ada hubungan tertentu. Para penganut teori matahari yang berkumpul di Pland sedang mencari anomali yang disebut fragmen matahari, dan The Vanished telah muncul kembali di dunia nyata hampir bersamaan. Semuanya menunjuk kepada kita di sini, mengingatkanku pada kekacauan dari sebelas tahun yang lalu."

" ... Aku telah memerintahkan semua pelabuhan untuk memeriksa dengan ketat pergerakan orang dan berkomunikasi dengan administrator lain dari City-States tetangga. Kami telah menindak banyak pemuja dan secara efektif memutus jalur masuk mereka ke Pland karena tindakan ini. Yang tersisa hanyalah menunggu apa yang akan dilakukan gereja. Area supranatural adalah spesialisasi para penjaga."

Berbicara tentang ini, administrator setengah baya itu tiba-tiba berhenti seolah-olah sedang merenungkan kata-katanya selanjutnya. Namun setelah ragu sejenak, ia memutuskan bahwa sebaiknya ia mengatakannya: "Mengenai masalah Vanished, aku tidak dapat banyak membantu di alam transenden, tetapi dalam aspek duniawi, aku punya ide."

"Aspek sekuler?" Vanna mengerutkan kening, "Tunggu, maksudmu ...."

"Lucretia Abnomar, kapten kapal penjelajah perintis Bright Star, dan Tyrian Abnomar, pemimpin bajak laut Northern Seas dan kapten Sea Mist," kata Dante tanpa tergesa-gesa. "Memang benar bahwa Vanished adalah kapal hantu yang berada di luar pemahaman realitas, tetapi selama kapal itu menjadi anggota dunia nyata, dunia nyata akan memiliki jangkar yang terkait dengannya. Aku ingin tahu bagaimana reaksi putra dan putri Kapten Duncan terhadap kemunculan kembali ayah mereka di dunia."

Mata Vanna perlahan melebar. Dia terbiasa menggunakan metode sederhana dan kasar untuk berhadapan langsung dengan musuh-musuhnya, jadi dia tidak pernah mempertimbangkan apa pun yang berhubungan dengan Vanished dari sudut pandang ini. Namun, wanita itu segera mengerutkan kening: "Tetapi kudengar mereka berdua hampir tidak berurusan dengan otoritas City-States ... Mereka adalah penguasa wilayah mereka sendiri di Boundless Sea dan mempertahankan hubungan yang dingin dengan City-States."

"Ini wajar saja, lagipula, mereka adalah anak-anak dari kapten hantu itu. Bright Star dan Sea Mist adalah dua pengawal Vanished yang asli. Meskipun mereka berpisah seratus tahun yang lalu, di mata sebagian besar City-States, mereka masih merupakan perwujudan kutukan dan bahaya. Bukan karena mereka mengasingkan dunia yang beradab, tetapi dunia yang beradab secara aktif menghindari mereka."

Vanna mengerutkan kening dan tampak waspada terhadap rencana pamannya: "Lalu apakah kau mengharapkan mereka datang dan membantu Pland melawan ayah mereka?"

"Itu hanya ide, tetapi patut dicoba." Dante menjadi serius, "Lagipula, kita semua tahu bahwa Bright Star dan Sea Mist berpisah dengan Vanished lebih dari seabad yang lalu. Itu terjadi sebelum peristiwa di Tiga Belas Pulau Witherland. Rumor yang beredar adalah bahwa beberapa kapten kapal menyaksikan Sea Mist bertempur melawan Vanished di laut utara setengah abad yang lalu. Pada saat itu, Vanished telah menjadi kapal hantu legendaris. Ini mungkin menjelaskan sikap kedua kapten terhadap ayah mereka."

"Lebih dari setengah abad yang lalu ... Saat itu, Sea Mist masih menjadi kapal induk Frost Queen. Kapten Tyrian itu mungkin hanya diperintahkan untuk melindungi City-States itu," Vanna berkata perlahan sambil merenung. "Tapi kau benar. Setidaknya ini membuktikan bahwa Sea Mist punya catatan konfrontasi dengan Vanished."

Namun dia masih memiliki beberapa keraguan, yang dia ungkapkan setelah berpikir beberapa detik: "Bagaimana jika Brigt Star dan Sea Mist mengabaikan Pland, lalu bagaimana?"

"Itulah sebabnya ini hanya sebuah percobaan," kata Dante pelan, "dan aku akan menyebarkan berita itu dan mencari cara agar berita itu sampai ke telinga kedua kapten itu. Setelah itu, kita hanya bisa menunggu dan melihat reaksi mereka setelahnya."

[1] Bara Laut DalamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang