Heidi tidak menyadari ada yang tidak biasa dalam nada bicara ayahnya.
"Ya," dia mengangguk dengan tenang, "aku dan Vanna pergi ke toko barang antik milik Tuan Duncan hari ini. Aku sempat mengobrol dengannya dan melakukan hipnoterapi untuk Nina. Kami kembali tepat setelahnya."
Dokter itu sempat ragu sejenak di akhir cerita, bertanya-tanya apakah sebaiknya dia memberi tahu ayahnya tentang kebakaran yang didengarnya dari reaksi aneh Nina dan Vanna. Namun, setelah mengingat ekspresi serius temannya di dalam mobil, wanita itu menghentikan idenya.
Mungkin ada kekuatan tersembunyi yang berbahaya di balik insiden ini, dan mungkin sangat serius sehingga jika dia membicarakannya, itu mungkin menarik perhatian orang yang mengintip. Meskipun ayahnya sama seperti dirinya – dia juga seorang pengikut kebenaran yang melayani dewa kebijaksanaan – mereka berdua lebih merupakan seorang sarjana daripada seorang pejuang transenden sejati. Tidak baik bagi orang yang terpelajar untuk menghadapi hal-hal berbahaya itu secara langsung.
Morris masih memiliki ekspresi lembut dan tenang di wajahnya saat dia mengangguk sedikit. Kemudian berbicara dengan santai seolah-olah itu tidak dimaksudkan: "Jadi kau tinggal di sana cukup lama ... apakah kau lupa waktu karena mengobrol dengan Tuan Duncan? Lihat, bukankah aku mengatakan dia orang yang haus akan pengetahuan?"
“Oh … bukan itu,” wajah Heidi tiba-tiba memerah, “hanya saja … aku membuang-buang sedikit waktu saat menghipnotis Nina.”
“Saat menghipnotis Nina?” Morris mendengar nama muridnya dan mengangkat alisnya, “Apakah tidak berjalan dengan baik? Apakah kondisi mentalnya seburuk itu? Apakah terpengaruh oleh kebakaran sebelumnya di museum?”
Heidi tak kuasa menahan diri untuk memutar matanya saat mendengar serangkaian pertanyaan panjang ayahnya: “Kau benar-benar peduli dengan muridmu itu … Jangan khawatir, dia baik-baik saja. Gadis itu hanya sedikit cemas, dan setelah konselingku, dia baik-baik saja dan tidak akan terpengaruh selama ujian akhir. Penundaan yang kumaksud adalah tentang … sesuatu yang lain.”
Morris sekarang terdengar penasaran: “Oh?”
“Aha, mungkin aku terlalu lelah akhir-akhir ini,” Heidi tertawa datar dengan rasa malu yang semakin dalam. “Aku juga tertidur saat menghipnotisnya dan tidur sampai malam ….”
“Kau sendiri tertidur lelap saat menghipnotis Nina?” Ekspresi Morris akhirnya sedikit berubah, tetapi ia segera mengendalikan diri sesuai protokolnya, “Tidak seperti dirimu.”
“Setiap orang terkadang bisa lalai, belum lagi aku sudah lama tidak mendapatkan liburan yang layak.” Heidi melambaikan tangannya dengan tidak sabar, “Aiya jangan tanya, aku sudah dewasa. Kau dan Ibu selalu seperti ini saat aku pulang terlambat. Aku bukan anak kecil lagi lho. Tidak perlu selalu bersikap begitu khawatir ….”
Morris terus menatap putrinya selama beberapa detik sebelum tertawa sopan seperti biasa: "Tentu saja, tentu saja, lain kali aku tidak akan terus bertanya seperti ini. Ayo, makan malam sudah menunggumu di dapur. Cepat panaskan. Aku masih harus menemui ibumu."
“Baiklah,” Heidi mengangguk dan bergegas menuju dapur, hanya untuk menoleh ke sudut lorong, “ngomong-ngomong, apakah kau berencana untuk mengunjungi toko barang antik nanti?”
“Ya,” Morris sudah berdiri di ambang pintu kamar tidur, cahaya redup dari dinding koridor membuat bayangan belang-belang di wajah tuanya, “apakah ada yang salah?”
"Aku pergi terburu-buru hari ini jadi aku tidak sempat membicarakan banyak hal dengan Tuan Duncan. Kalau kau akan berkunjung, bantu aku menyampaikan surat penilaian kepadanya tentang Nina, oke?"
“Tidak masalah,” Morris mengangguk, lalu seolah berbicara pada dirinya sendiri, dia bergumam pelan, “Aku benar-benar perlu berkunjung lagi ….”
KAMU SEDANG MEMBACA
[1] Bara Laut Dalam
FantasiPada hari itu, kabut menghalangi segalanya. Pada hari itu, ia menjadi kapten kapal hantu. Pada hari itu, ia melangkah menembus kabut tebal dan menghadapi dunia yang sepenuhnya terbalik dan terfragmentasi-tatanan lama telah lenyap, fenomena aneh men...