Nada bicara lelaki tua itu datar, seperti seseorang yang sedang bercerita. Fakta bahwa dia juga menjadi tokoh dalam cerita itu hanyalah kebetulan belaka.
"Maaf, kalau sudah tua, bicaranya jadi terlalu banyak," pendeta tua itu meminta maaf sambil tersenyum pada Vanna. "Apa kau punya teman dari gereja lain juga?
" ... Aku punya teman baik yang merupakan anggota Akademi Kebenaran," Vanna berpikir sejenak, "tetapi dia tidak banyak bercerita kepadaku tentang ajaran Lahem, dewa kebijaksanaan."
"Oh, seorang penganut dewa kebijaksanaan ... Ini wajar saja. Ajaran mereka biasanya memerlukan gelar universitas atau lebih tinggi untuk dipahami. Kadang-kadang mereka bahkan perlu lulus ujian matematika tingkat lanjut juga." Pendeta tua itu menganggukkan kepalanya sebagai hal yang wajar, "Sebaliknya, para pengikut kematianlah yang lebih mudah dihadapi-bagaimanapun juga, semua orang pada akhirnya akan mati suatu hari nanti."
Berbicara tentang hal ini, arsiparis tua itu berhenti sejenak dan mengamati berkas-berkas yang tersusun rapi di belakang Vanna: "Yang Mulia, bisakah kau memberitahuku apa yang kau cari?"
Vanna tiba-tiba menjadi ragu-ragu.
Dia tidak tahu apakah memberi tahu pendeta tua itu rinciannya adalah ide yang bagus atau tidak. Api yang terhapus itu berpotensi menjadi titik bahaya besar bagi mereka semua. Membuat khawatir entitas rahasia itu tidak akan membantu siapa pun, terutama mereka yang mengetahui kebenaran tanpa persiapan.
Tetapi setelah ragu-ragu sejenak, dia memutuskan untuk mengungkapkan sesuatu.
Ini adalah bagian terdalam gereja, tempat suci dewi badai. Pendeta ini mungkin sudah tua dan tidak layak untuk berperang, tetapi dia tidak meragukan bahwa tekadnya sebagai pejuang cahaya tetap teguh.
"Aku sedang mencari sebuah berkas. Sebenarnya, menyebutnya berkas tidaklah akurat karena aku tidak tahu apakah berkas itu ada sejak awal." Vanna mulai menjelaskan alasannya dengan perlahan, "Sebenarnya, itu adalah petunjuk yang terjadi pada bulan Juni 1889, mungkin mengarah pada kebakaran besar, tetapi informasinya telah dihapus."
"Kebakaran besar tahun 1889?" Pendeta tua itu merenung, "Aku tidak ingat ada kebakaran apa pun ...."
Dia berhenti tiba-tiba dan menatap Vanna dengan penuh perhatian.
"Jadi, materi yang terhapus juga mencakup ingatan kita, kan?"
"Mungkin saja," Vanna mengangguk dengan sungguh-sungguh. "Selain kesadaranku sendiri, aku tidak punya bukti lain untuk membuktikan keberadaan api itu, dan aku juga tidak tahu siapa yang memanipulasi hal-hal di balik latar belakang. Ini semua berdasarkan kecurigaanku sendiri."
Tiba-tiba dia merasa sedikit malu. Sebagai seorang inkuisitor, dia terbiasa menginterogasi dan menyelidiki kasus, tetapi situasinya benar-benar berbeda kali ini. Dia tidak hanya tidak tahu siapa atau apa targetnya, tetapi dia juga tidak memiliki cukup bukti untuk memastikan apakah itu hantu atau makhluk hidup. Lebih jauh lagi, dia meluncurkan seluruh penyelidikan ini hanya berdasarkan keinginannya sendiri, yang sangat berbeda dari gaya rasionalnya yang biasa.
Namun, pihak lain di depannya hanya mengangguk dengan tenang sebagai tanda terima: "Keimanan dan karaktermu terbukti dengan sendirinya, Yang Mulia."
Setelah mengatakan itu, pendeta tua itu dengan cepat berjalan tertatih-tatih ke sebuah pilar di antara rak-rak buku di dekatnya. Kemudian, sambil mengetuk beberapa tonjolan tertentu pada pilar itu dengan tangan prostetik mekanisnya, terdengar gemuruh rendah piston dan roda gigi dari bawah lantai.
Pintu-pintu arsip segera tertutup sementara banyak rak mulai bertukar dengan berbagai cara untuk memberi ruang bagi pilar-pilar rune dari bawah. Selama transformasi mekanis ini, suara ombak yang halus bergema lembut di benak Vanna, tanda bahwa penghalang telah diaktifkan.
KAMU SEDANG MEMBACA
[1] Bara Laut Dalam
FantasiaPada hari itu, kabut menghalangi segalanya. Pada hari itu, ia menjadi kapten kapal hantu. Pada hari itu, ia melangkah menembus kabut tebal dan menghadapi dunia yang sepenuhnya terbalik dan terfragmentasi-tatanan lama telah lenyap, fenomena aneh men...