Bunyi lonceng dan peluit senja, yang melambangkan siklus siang-malam, bergema samar-samar melalui selokan yang dalam dan lembab, yang menyembunyikan para penganut sekte yang beristirahat di ruang-ruang terlupakan di labirin bawah tanah ini.
Salah satu dari mereka sakit parah, dan sekarang dia akan mati di dunia bawah yang remang-remang ini.
"Dia masih hidup ...." kata salah satu pemuja dengan ragu. Kemudian dia melirik rekan seimannya yang tergeletak di tanah dan melihat mata yang lain setengah terbuka dan setengah tertutup tanpa fokus.
“Dia masih hidup sekarang,” kata seorang pengikut sekte lain dengan suara pelan, “dan lonceng senja telah berbunyi. Dia tidak boleh mati di ruangan ini. Pelindung Dewa akan memberkatinya dengan tidur yang damai dalam kegelapan.”
Pria yang berbaring di atas seprai menggerakkan jarinya dua kali atas komentar itu – jelas menyadari kondisi kesehatannya sendiri. Dia tidak ingin mati seperti ini, tetapi kematian telah melekat pada bayangannya, dan untuk saat ini, "rekan-rekan seiman"-nya yang terkasih menganggapnya sebagai bahaya tersembunyi yang layak disingkirkan dari tempat perlindungan.
Keheningan yang sangat mencekam menyelimuti udara karena keputusan yang sulit ini. Namun setelah waktu yang tidak diketahui, pria berjubah hitam yang sebelumnya mengutuk Gereja Badai tiba-tiba memecah keheningan: “Mari kita tunggu sebentar. Setidaknya ... seseorang tidak akan langsung berubah setelah napasnya berhenti.”
“ … Kalau begitu kita akan menunggu,” kata murid berjubah hitam bersuara rendah itu setelah melirik para manusia matahari yang sedang berjuang dan sekarat. “Tetapi mengapa dia tiba-tiba jatuh sakit? Apakah kau yakin ini normal?”
“Aku kenal dia … Dia mengelola sebuah toko barang antik di bagian bawah kota. Barang-barangnya palsu, jadi usahanya tidak berjalan baik,” kata seorang penganut agama di sebelahnya yang tidak banyak bicara. “Dia sudah sakit sebelumnya, jadi kemungkinan dia kambuh karena menghabiskan begitu banyak waktu bersama kita di selokan. Kejutan hari ini mungkin memperburuk keadaannya.”
Orang beriman berjubah hitam dengan suara rendah itu akhirnya sedikit tenang setelah mendengar penjelasan itu. Meskipun dia bukan seorang pendeta yang mulia seperti utusan itu, dia memiliki lebih banyak pengalaman karena telah menjadi seorang yang bertobat selama bertahun-tahun, yang secara efektif membuatnya kurang lebih menjadi seorang ahli yang mengetahui banyak ilmu gaib. Seperti bagaimana akan selalu ada bahaya tersembunyi yang datang dengan upacara yang gagal seperti hari ini. Satu-satunya hal yang tidak dia ketahui adalah siapa yang telah menjadi pembawa bahaya tersebut.
Kalau saja tidak karena gagasan yang mengekang bahwa semua orang di matahari adalah saudara kandung – ditambah lagi masih ada beberapa orang beriman yang garang di sekitarnya yang menonton – dia pasti sudah melempar orang sakit yang malang ini ke dalam kegelapan di luar sana.
Setelah lama terdiam, orang percaya berjubah hitam itu tiba-tiba bergerak dan mengeluarkan amulet emas pucat dari sakunya. Ia meletakkan benda itu ke dada rekan seiman yang sedang sekarat itu.
“Kau adalah …” seorang penganut agama di sebelahnya berbicara dengan rasa ingin tahu.
“Amulet ini aku peroleh dari Utusan dengan harga yang sangat mahal,” katanya dengan suara yang tulus, “semoga rahmat Dewa yang cemerlang melindungi saudara-saudara kita dan dirinya dari erosi kegelapan.”
Dua orang beriman di sebelahnya langsung bertepuk tangan. Lalu dengan penuh rasa hormat, mereka mulai melantunkan syair sambil mengepalkan tangan di dada: “Semua yang menyembah matahari adalah saudara dan saudari ….”
***
Setelah matahari benar-benar terbenam di bawah permukaan laut, langit tanpa bintang dan bulan kembali muncul di hadapan Duncan. Masih ada retakan pucat yang menyapu cakrawala, menerangi Boundless Sea dengan cahaya dinginnya sementara Vanished berlayar di sepanjang lautan.
KAMU SEDANG MEMBACA
[1] Bara Laut Dalam
FantasyPada hari itu, kabut menghalangi segalanya. Pada hari itu, ia menjadi kapten kapal hantu. Pada hari itu, ia melangkah menembus kabut tebal dan menghadapi dunia yang sepenuhnya terbalik dan terfragmentasi-tatanan lama telah lenyap, fenomena aneh men...