Bab 30: Satu Adegan yang Sangat Kacau

4 2 0
                                    

Sementara Inkuisitor Vanna merenungkan masalah yang akan dihadapi bersama dua pengemudi yang mengemudikan laba-laba mekanik yang sangat berat itu, laba-laba itu segera melipat kaki-kaki logamnya yang panjang ke dalam perutnya untuk memungkinkan roda-roda di bawahnya meluncur melintasi jalan-jalan kota.

Para penganut aliran sesat yang menyembah dewa matahari merupakan masalah besar bagi peradaban modern — sayangnya, ada lebih dari satu wabah serupa di luar sana.

Selalu ada mata-mata jahat yang diarahkan dari kedalaman subruang ke dunia manusia, dan selalu ada manusia bodoh yang mencoba menginfeksi kekuatan-kekuatan jahat itu. Di antara kolusi para dewa dan manusia purba ini, ada juga benda-benda bengkok, pewaris terlarang, dan sisa-sisa noda yang tertinggal dari zaman kuno yang mengintai di kedalaman city-states, selalu mencoba bergerak, selalu mencoba mengorek tatanan masyarakat.

Dari semua ancaman ini, pengikut Dewa Matahari adalah mereka yang paling membuat khawatir dan meresahkan para pelindung Pland.

Mereka bukan hanya penganut aliran sesat yang berkumpul secara acak, tetapi juga produk dari sejarah yang hilang dari dunia lama. Yang terburuk dari semuanya, para penganut bidat ini memiliki iman yang terstruktur, seperti Gereja Laut Dalam tempat Vanna menjadi bagiannya.

Kepercayaan ini berkisar pada Era Ketertiban di bawah matahari lama, yang tidak hanya berdiri sendiri tetapi bahkan memiliki kalender matahari sejati yang sesuai. Tentu saja, kalender tersebut tidak dikenal oleh masyarakat modern. Bagi para bidat ini, mereka adalah keturunan dari peradaban kuno yang telah lama hilang, dan percaya bahwa peradaban kuno yang mulia itu akan dihidupkan kembali suatu hari nanti.

Sebagai Inkuisitor Gereja Laut Dalam, Vanna tidak tertarik dengan ajaran sesat para pengikutnya, tetapi dia tidak akan mengabaikan betapa keras kepala dan bersatunya para pengikut Dewa Matahari dalam mencapai tujuan mereka. Fakta bahwa mereka dapat bertahan dari satu pukulan demi pukulan selama bertahun-tahun menunjukkan betapa besar ancaman yang mereka timbulkan bagi kota.

Namun kebangkitan mereka di Pland masih mengejutkan Vanna.

Sejak pukulan yang tak terduga empat tahun sebelumnya, para penganut Dewa Matahari di sini telah terluka parah sehingga, menurut beberapa penyelidikan, para penganut bidat itu pasti telah memindahkan anggota utama mereka ke kota-kota pulau terdekat. Beberapa bahkan diyakini telah pindah lebih jauh ke utara ke city-states Frost Port, hanya menyisakan sedikit orang yang keras kepala yang pada dasarnya tidak memenuhi syarat untuk berada di lingkaran dalam para penganut bidat.

Para antek ini bersembunyi di selokan, mengandalkan sepenuhnya pengetahuan mereka tentang dunia bawah dan sedikit berkah yang diberikan oleh Matahari Hitam untuk menghindari para penjaga. Selama empat tahun, jumlah mereka semakin mengecil, dan yang dapat mereka lakukan hanyalah berpegang teguh pada apa yang mereka miliki untuk bertahan hidup.

Namun kini, empat tahun kemudian, mereka tiba-tiba berkumpul lagi dan bahkan berani mengambil risiko terekspos untuk menggelar upacara pengorbanan di balai pertemuan … Siapa yang memberi mereka nyali?

Atau lebih tepatnya ... apakah sesuatu yang besar akan terjadi di city-states ini? Alasan apa yang layak bagi para bidat ini untuk mengambil risiko dihabisi untuk selamanya?

Getaran dan suara inti uap yang mengalir di tubuh laba-laba mekanik akhirnya memaksa Vanna untuk menyingkirkan pikiran-pikiran liarnya untuk saat ini. Satgas baru saja memasuki zona industri tempat pipa-pipa uap dan hidrotermal yang besar membentang di gedung-gedung pabrik. Pipa-pipa ini seperti pembuluh darah raksasa, yang menghubungkan gedung ke gedung melalui langit, sebuah keajaiban kecerdikan manusia di zaman modern ini.

Namun, foto ini membangkitkan beberapa kenangan buruk baginya. Cuacanya mirip dengan cuaca ini beberapa tahun lalu – tenang dengan angin sepoi-sepoi. Seharusnya cuaca tenang bagi penduduk kota yang sedang tidur. Namun, malam itu berdarah, mimpi buruk. Pamannya telah melarikan diri dari api sambil menggendongnya, dan jalanan dipenuhi mayat hidup. Bahkan sekarang, Vanna akan merasa mual saat mencium bau minyak kimia yang menjijikkan dari pipa-pipa ….

[1] Bara Laut DalamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang