Chapter 38 : Legenda Gunung Merapi

397 67 10
                                    

Gunung Merapi adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Gunung Merapi adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

Masyarakat mempercayai Gunung Merapi sebagai perwujudan Jagad Gede (rumah Tuhan), Masyarakat mempercayai jika Gunung Merapi adalah rumah para leluhur dan masyarakat percaya Gunung Merapi dihuni oleh para makhluk halus (Jin) yang selayaknya memiliki kehidupan seperti manusia.

Karena Gunung Merapi sangat disakralkan, Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki seorang juru kunci yang bertugas menjaga gunung dan melindungi masyarakat yang tinggal di bawahnya. Seorang abdi dalem Keraton Yogyakarta ditunjuk langsung oleh Sultan untuk mengisi jabatan tersebut. Juru kunci Merapi saat ini adalah Mas Bekel Anom Suraksosihono, atau Mas Asih menggantikan ayahnya Mbah Maridjan yang meninggal dalam erupsi gunung Merapi pada tahun 2010.

***

Setelah memarkirkan mobil di tempat Yang tersedia, Freya dan Shani, Mulai Menaiki Jalan setapak yang biasa di lalui oleh para pendaki, Yang ingin melihat keindahan alam dari Merapi. Tujuan kedua gadis itu, Sebelum datang kerumah yang di maksud, Adalah Untuk bertemu dengan juru Kunci, Sekaligus mencari Informasi lain, Dari Hilangnya Muthe. Setibanya mereka di sebuah Gubuk kecil, Tepat di tengah Hutan, Dan jauh dari tempat lainnya. Shani mengetuk Pintu secara sopan, Dan tidak lama, Seorang pria tua berjanggut putih, Dengan rambut panjang Berwarna putih, Keluar menyambut mereka.

"Siang mas." Ucap Shani.

"Siang." Ucap Pria tersebut.

Freya dan Shani kemudian Mengutarakan maksud mereka datang kesini. Namun, mereka tidak mengatakan tujuan aslinya, Melainkan Mereka beralibi ingin meminta petunjuk keselamatan pada pendakian. Hal tersebut bertujuan, Agar Shani dan Freya mengetahui seluk-beluk dari Gunung ini.

***

"Pada zaman dahulu Pulau Jawa merupakan satu dari lima pulau besar yang ada di Nusantara. Kala itu Pulau Jawa posisinya miring dan tidak rata, sehingga Dewa ingin memperbaikinya. Dewa pun turun ke bumi untuk mendirikan sebuah gunung besar di tengah Pulau Jawa sebagai penyeimbang. Gunung Jamurdipa yang berada di Laut Selatan dipilih untuk dipindahkan ke sebuah tanah datar di tengah Pulau Jawa." Ucap Mas Bekel, Mulai bercerita. Pria tua tersebut terkadang menghisap cerutunya, Sembari kembali menerawang jauh ke masa silam.

"Sayangnya, di tengah Pulau Jawa terdapat dua orang empu pembuat keris, mereka adalah Empu Rama dan Empu Pamadi. Mereka dengan kesaktian tingkat tinggi ini pun bertemu. Dewa mengutarakan niatnya dan meminta Empu Rama serta Empu Pamadi untuk pindah ke tempat lain agar tidak tertindih oleh gunung yang akan ia pindah. Kedua empu setuju untuk memindahkan gunung setelah keris yang mereka buat selesai. Sayangnya, para Dewa merasa tidak sabar. Sehingga gunung langsung dipindahkan saat keris belum jadi. Alhasil, tungku perapian keris yang masih menyala dilegendakan itu kini menjadi kaldera yang terus mengeluarkan api. Dipercaya jika keris dalam perapian tersebut bergoyang, maka menjadi pertanda bahwa erupsi akan segera terjadi. Tungku tersebut juga terus mengeluarkan api sehingga gunung dengan ketinggian puncak 2.968 mdpl ini disebut sebagai Gunung Merapi." Jelas Mas Bekel.

FRESHAN : Ragnarok ( BOOK 3 )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang