'...Ah.'
Yuder tiba-tiba menyadari bahwa sosok Kishiar yang menghilang bukanlah kenyataan. Percakapan yang baru saja mereka lakukan adalah sesuatu dari masa lalu yang telah lama terlupakan.
Sebuah mimpi lama.
Dengan kesadaran itu, pemandangan yang familiar di ruang ganti dan sosok Kishiar lenyap, meninggalkan Yuder sendirian dalam kegelapan.
Menatap ke dalam kegelapan yang tak berujung, Yuder menatap tangannya dan mendapati bahwa hanya selembar kertas yang diberikan Kishiar kepadanya yang masih tersisa. Rasa dingin dan marah, emosi tak dikenal yang dirasakan Yuder di masa lalu, membuncah di dalam dadanya seperti fatamorgana, lalu menghilang dengan lemah.
'Ya. Saat itu, aku... aku mengeluarkan ini dan menunjukkannya pada Kishiar.'
Berbeda dengan beberapa kenangan yang terlupakan, ini adalah salah satu percakapan yang masih terekam jelas di benaknya. Namun, meskipun percakapan itu sendiri masih berkesan, emosi dan pikiran yang ia rasakan hari itu telah memudar dan kabur seiring waktu, membuat beberapa bagian terasa asing.
Dugaan pengkhianatan yang pernah dituduhkan secara resmi terhadap Duke Peletta.
Namun, saat itu, para kurir sibuk bolak-balik ke Istana Matahari di bawah permukaan. Kaisar Katchian tidak menunjukkan reaksi apa pun, tetapi secara tidak langsung ia menunjukkan kehati-hatian dan peringatannya dengan mengawasi Peletta.
Yuder melempar kertas itu, tidak habis pikir dengan laki-laki yang memasuki ruang Komandan lewat balik tembok dengan wajah tenang itu, entah dia tahu atau tidak.
Apakah Adipati Peletta Kishiar La Orr benar-benar mengurung diri di tanah miliknya dengan tujuan memberontak?
Apakah rumor buruk yang beredar diam-diam di istana semuanya benar?
'Mungkinkah dia benar-benar memendam niat untuk memberontak?'
Yang mungkin paling ingin dikonfirmasi Yuder adalah pertanyaan ketiga. Faktanya, saat Yuder pertama kali mendengar rumor tentang dugaan pemberontakan Kishiar, pikiran langsungnya adalah, "Pengkhianatan macam apa yang bisa dilakukan oleh orang seperti itu?" Pemberontakan tampak menggelikan. Pria itu terlalu sembrono dan segala hal tentangnya tampak tidak berarti.
Dia telah meninggalkan Kavaleri buatannya tanpa penyesalan, tidak menunjukkan kesedihan atas kematian kerabat sedarah terakhirnya. Dia melarikan diri dari Peletta karena dia tidak memiliki rekan bermain dan melompati tembok Kavaleri. Yuder tidak dapat memahami untuk apa dia hidup.
Mungkinkah seseorang yang tampaknya tidak menemukan makna dalam apa pun benar-benar memiliki niat untuk memberontak? Apa gunanya?
Kaisar baru itu telah menjadi anak angkat Kaisar sebelumnya melalui jalur hukum, naik takhta setelah memangku jabatan Putra Mahkota. Tak seorang pun meragukan bahwa Kaisar sebelumnya telah meninggal karena penyakit alamiah. Meskipun situasinya agak kacau pada awal pemerintahan baru, banyak warga menyambut kedatangan Kaisar yang muda, energik dan sehat. Bahkan bagi mata Komandan Kavaleri yang baru yang belum berpengalaman, jelas bahwa posisi Kaisar akan segera menjadi tak tergoyahkan.
Namun, pikiran lain terlintas di benaknya.
Jika seseorang dapat dengan mudahnya menghindari pengawasan dan bergegas ke Ibu Kota dalam sekejap, bukankah sangat mungkin baginya untuk menyusun rencana di luar pandangan Kaisar?