"Yuder. Apakah itu pertanda aku mungkin telah melihat sesuatu tentangmu yang seharusnya tidak kulihat? Apakah itu membuatmu begitu khawatir saat ini?"
Pernyataan itu benar dan salah. Kanna belum melihat 'sesuatu' yang disembunyikan Yuder, sesuatu yang 'tidak seharusnya diketahuinya.' Namun, kemungkinan dia akan muncul di masa mendatang cukup tinggi.
Tetapi alasan mengapa Yuder tampak setengah tenggelam dalam pikirannya saat ini justru karena seorang pria telah melihat 'sesuatu' itu. Jadi, dalam arti yang lebih luas, tebakan Kanna tidak sepenuhnya salah.
Ekspresi Kanna, yang berhasil membungkam Yuder lebih efektif daripada mendengarkan atau senjata apa pun, berubah menjadi sangat serius.
"Baiklah, jika kamu memang begitu khawatir tentang hal itu, aku akan mengatakanya. Tapi pahamilah ini, Aku tidak pernah bermaksud membaca bagian dirimu itu."
Dia menyeka keringat di dahi saat dia menjelaskan tentang pengaktifan kekuatan yang tak terduga yang sama sekali tidak disertai maksud apa pun di baliknya.
"Jadi, jangan menghindar atau memandangku dengan cara berbeda setelah mendengar ini. Aku benar-benar tidak ingin menafsirkannya... kamu harus percaya padaku."
"Aku mengerti."
Kanna menggenggam tangannya dan menarik napas dalam-dalam. Matanya terpejam rapat, dia mengaku sambil berbisik.
"...Aku melihatnya."
"Aku tidak menangkapnya, Kanna."
"Aku melihat Komandan! Dia menggunakan mulutnya untuk melepaskan sarung tanganmu!"
Hening. Wajah Yuder kosong menjadi. Kanna mengungkapkan dengan cepat seperti senapan mesin.
"Dan kau menyentuh wajah Komandan sambil mengenakan sarung tangan itu! Itu saja! Saat aku melewatimu, aku hanya membaca bagian itu saat jariku menyentuh sarung tanganmu! Serius, itu saja!"
Tepat setelah dia selesai berbicara, Kanna memalingkan wajahnya, menyembunyikan wajahnya di balik kedua tangannya. Yuder menghela napas pendek.
Memang, seperti dugaannya selama percakapan mereka sebelumnya, informasi yang dibaca Kanna darinya tidak sesuai dengan kehidupan masa lalunya. Namun, informasi itu jauh lebih intim dan melampaui apa pun yang dibayangkannya, melampaui ranah cakrawala.
Perasaannya campur aduk antara tidak percaya dan mengerti, akhirnya memahami mengapa Kanna begitu enggan mengatakan n;nya.
'Ya, aku ingat sekarang. Di Barat, Kishiar melakukan itu...'
Saat itu, Yuder sangat tertekan karena Kishiar telah mengucapkan nama 'Yudrain' saat bermimpi.
Mengenang hari itu, Yuder teringat akan mengedipkan mata tak tergoyahkan dari laki-laki yang mengaku juga takut saat Yuder berkata, "Hanya kamu yang membuatku takut."
Intensitas gairah yang ia rasakan saat itu, ketika Kishiar melepaskan sarung tangannya seperti binatang buas dan mencium ujung jarinya yang kasar dan buku-buku jarinya yang terluka, membanjiri pikirannya. Emosi yang meluap-luap itu hampir tak tertahankan untuk diingat.
Yuder menurunkan pandangannya ke tangannya yang bersarung tangan.
Rasanya sangat nyata, bahwa dia terjerumus ke dalam ketakutan yang sama seperti yang dirasakannya dulu.