Dulu, Yuder pernah mendengar bahwa kekuatan untuk memanipulasi waktu tidak ada di dunia ini. Namun, bukti nyata bahwa hal seperti itu mungkin terjadi adalah Yuder Aile sendiri. Meski kedengarannya luar biasa, dia tidak punya pilihan selain mengakui potensinya.
'Aku harus melihat teks aslinya dengan mata kepalaku sendiri untuk memastikannya, tetapi menurut Enon, Luma pasti punya alasan untuk memulai penelitian semacam ini.'
Satu hal yang pasti saat itu. Bahkan jika Adipati Pertama Tain mempercayainya dan melakukan penelitian, ia akhirnya gagal memperoleh jawaban yang dicarinya.
"Informasinya agak tersebar, tetapi beberapa bagian terasa mirip dengan apa yang aku ingat dikatakan Luma."
"Aku ingin melihat dan membacanya sendiri."
Untuk masalah yang sangat serius, mendengarnya saja tidak cukup. Merasakan pertanyaan di mata Yuder, Enon mengerutkan kening dalam- dalam dan menyilangkan lengannya.
"Aku tidak menyangka kamu akan datang secepat ini, jadi aku belum menulis terjemahannya. Aku akan mengirimkannya bersama jurnal ini setelah selesai. Dan akan sangat menyenangkan jika kamu dapat mengembalikannya untukku juga."
"Baiklah."
Enon membuat gerakan tangan tegas, wajahnya penuh dengan keengganan untuk bersusah payah mengembalikan jurnal percobaan itu kepada Kishiar sendiri.
"Ah. Ada satu hal lagi yang perlu dibicarakan."
"Apa itu?"
"Ingat energi sihir yang terkonsentrasi di Hutan Sarain Agung, tempat mereka menemukan urat bijih sihir di sana."
Ekspresi Enon menjadi gelap saat dia menyebutkan tempat yang pernah disebut oleh para penyihir dari Western Mage Union sebagai "mata air ajaib".
"Dalam jurnal ini, ada sesuatu yang dapat mengungkap mengapa energi sihir terkonsentrasi di sana pada awalnya."
"Penyebabnya?"
Energi sihir, yang mengalir secara alami seperti air, seharusnya tidak terkumpul di satu tempat untuk waktu yang lama. Namun, di Hutan Sarain Agung, sihir kuno yang tidak dapat dijelaskan menghalangi aliran alaminya. Selama hampir satu milenium, energi sihir yang terkumpul telah mempercepat pertumbuhan hutan secara tidak wajar, menjadikannya salah satu tanah yang paling banyak dihuni monster di benua itu.
Hutan yang tadinya mengganggu karena melahap batas-batas berbagai negara dan dipenuhi pepohonan raksasa yang bahkan terlalu sulit untuk digaruk oleh orang biasa, tiba-tiba menjadi tenang ketika energi sihir yang terkumpul dilepaskan dan urat bijih ditemukan.
Enon sebelumnya berspekulasi bahwa seseorang mungkin telah mengatur tempat itu untuk bertindak sebagai "mata air ajaib".
Tetapi sekarang kata-kata Enon mengisyaratkan. Mungkinkah penyebab di balik terkonsentrasinya energi sihir itu adalah Duke Tain Pertama?
Menyadari tatapan bertanya Yuder, Enon memberikan penjelasan.
"Penulis jurnal tersebut, selama penelitiannya tentang monster, menyadari bahwa area dengan kemunculan monster yang sering memiliki aliran energi sihir yang terdistorsi. Ia berspekulasi bahwa dengan sengaja mendistorsi aliran energi sihir di area tertentu dapat menghasilkan hasil tertentu. Ini adalah alur pemikiran yang sama."