Jika ini adalah kematian, itu sama sekali tidak seperti yang dibayangkan Keilusa selama ini.
Kematian yang dibayangkannya tidak pernah tenang dan damai ini.
Menurut catatan tersembunyi keluarga kekaisaran, mereka yang lahir dengan pembuluh darah retak mengalami rasa sakit yang mengerikan. Seiring berjalannya waktu, interval antara serangan rasa sakit mereka semakin pendek. Saat kematian mendekat, mereka akan berbaring di tempat tidur selama berhari-hari tidak dapat bangun, menderita rasa sakit luar biasa yang tidak dapat diredakan oleh obat pereda nyeri apa pun.
Ada rekaman mereka yang berteriak dalam wujud yang tidak lagi bisa dikenal sebagai manusia, berdoa agar semuanya cepat berakhir. Rekaman mereka yang kehilangan akal karena rasa sakit yang tidak terpikirkan, menjadi orang-orang bodoh yang cerewet. Rekaman mereka, ketika obat-obatan pun gagal bekerja, menyerang para pelayan yang membawa obat dan mencabik-cabik daging mereka sendiri seperti binatang buas.
Beberapa orang menusuk perut dan kepala mereka sendiri, sambil tertawa. Seorang perawat bayi telah bunuh diri bersama putri muda itu ketika dia mengetahui pembuluh darah itu retak. Seorang pemuda lainnya telah mengatupkan giginya dan merobek kukunya hingga tanggal, menyerupai seorang pria tua ketika dia akhirnya meninggal.
Kisah ini menggambarkan neraka di mana orang tidak dapat memikirkan apa pun kecuali kematian.
Jadi, Keilusa menganggap akhir hidupnya tidak akan jauh berbeda. Satu-satunya perbedaan antara dirinya dan orang lain adalah apakah ia telah hidup lebih lama sebelum retakan itu menjadi terlalu parah. Apa pun itu, akhir hidupnya akan sama saja.
Berpegang teguh pada kehidupan yang rapuh hanya untuk melihat tubuhnya hancur setelah wadahnya benar-benar pecah, mati dengan mengerikan bahkan tanpa meninggalkan mayat. Peti mati akan diisi dengan boneka yang dibuat dengan rumit dan alasan kematiannya akan terhapus dari sejarah.
Ia akan mati sebagai seorang pecundang, tidak mencapai apa pun dengan tangannya sendiri dan hanya meninggalkan kepedihan bagi orang-orang yang disayanginya.
'...'
Saat kepahitan membuncah dalam dirinya, pikiran langsung dipenuhi dengan pikiran tentang orang-orang yang berharga itu.
Ada seorang adik yang baik hati dan tidak menyimpan dendam meskipun ia telah menduduki jabatan yang dulu ditakdirkan untuknya. Sebaliknya, sang adik telah menyatakan keinginannya untuk menempuh jalan yang sama di dekatnya, meskipun di tempat yang berbeda.
Kepala pelayan tua, yang telah tinggal di sisi Kaisar sejak pemerintahan sebelumnya, mengutuk Kaisar yang masih terlalu muda dan ragu untuk pensiun.
Orang tuanya yang tidak lagi bersamanya, telah mengajarkannya untuk tidak pernah puas dengan kenyataan.
Dan...
Seorang gadis muda keras kepala yang pernah dia pikir bisa mengandung anaknya dan meneruskan masa depan kekuasaannya.
Seorang wanita tertentu yang telah menggemparkan hatinya seperti yang belum pernah dilakukan atau dilakukan orang lain.
Saat memikirkan orang terakhir itu, Keilusa mendengar suara seperti angin musim dingin yang menggoyangkan dahan-dahan tandus.
Dia telah mengenal wanita itu sejak dia masih gadis kecil, mengenakan gaun yang memantulkan warna air, pipinya merona seperti buah persik. Tidak menyadari fakta bahwa dia adalah Putra Mahkota, dia tersenyum canggung sambil meminta nasihat tentang cara mengundurkan diri dengan anggun dari Ujian Calon Putri Mahkota. Karena senyumnya, seorang anak laki-laki kaku yang tidak tahu apa-apa selain buku membuat pilihan untuk memegang tangan seseorang dan melangkah keluar ke dunia. Melalui sentuhannya, dia menyadari betapa hijau dan luasnya dunia ini.