Bab 360

40 4 0
                                    

"Tampaknya Yang Mulia benar-benar mempercayai Tuan Aile."

Dalam perjalanan kembali ke kediaman utama, Pruelle tiba-tiba berbicara.

"Yah, karena kita berbagi tempat tinggal, kurasa itu wajar saja."

"Apa yang tiba-tiba anda  bicarakan?"

Kishiar telah tinggal di akomodasi yang sama dengan Yuder dan sejak pertama kali mereka bertemu, ia tampaknya yakin bahwa pernyataan mereka sebagai sepasang kekasih tidaklah tulus. Kini, kata-katanya yang tiba-tiba dan tak terduga itu tidak dapat dipahami.

"Ketika mendengarkan percakapan tadi, saya merasa terkejut bahwa Kavaleri yang belum lama berdiri, dapat bertukar kepercayaan yang begitu dalam."

Pruelle tampak sangat tersentuh oleh percakapan yang didengarnya antara Kishiar dan Yuder.

"Saya tidak pernah mencoba mempercayai siapa pun selain saudara kandung saya. Saya belajar bahwa menjaga diri dari orang lain adalah satu-satunya cara untuk melindungi diri sendiri. Benar, kan? Semakin banyak kepercayaan yang saya berikan, semakin besar kemungkinan kelemahan saya akan terungkap."

"..."

"Jika saja aku bisa menjadi orang yang dapat dipercaya seperti tuan Aile. Jika saja saya lebih memperhatikan urusan keluargaku dan mencoba mempercayai orang-orang di sekitarku lebih awal. Apakah saya bisa mencegah bahaya yang mengancam saudara-saudaraku lebih awal?"

Kata-kata terakhirnya bergema pelan, hampir tak terdengar. Sebelum memasuki kediaman utama, Yuder berhenti sejenak untuk mengatur napas. Ia tidak menjalani kehidupan yang layak untuk menasihati orang lain, tetapi ia merasa tidak bisa membiarkan Pruelle putus asa, terutama dengan tugas besar yang harus diembannya.

"Aku sebenarnya setuju dengan tuan Pruelle..."

"..."

"Kata-kata Tuan Elle. Aku bahkan sudah menolak posisi asisten beberapa kali."

"Anda menolak?"

Wajah Pruelle menunjukkan ekspresi terkejut. Yuder mengangguk setuju.

"Menurutku, orang yang dipercaya harus bisa percaya terlebih dahulu. Jadi, bukan aku, melainkan Komandan yang sesuai dengan perkataan tuan Elle."

Mengucapkan kata-kata itu dengan lantang terasa sangat aneh baginya. Ia tidak pernah menyangka akan mengatakan hal seperti itu tentang Kishiar La Orr. Selama ia menjabat sebagai komandan Yudrain Aile, hal seperti itu tidak akan pernah terbayangkan.

Namun, ia tidak menganggap apa yang dikatakannya salah. Kepercayaan adalah sesuatu yang terbentuk melalui memberi dan menerima. Jika Kishiar tidak mengambil semua risiko dan mendekatinya berulang kali meskipun Yuder menolak, Yuder tidak akan pernah berpikir untuk membalasnya. Perbedaannya tipis, tetapi hasilnya telah berubah sepenuhnya dan terus berubah.

"Bukankah Tuan Elle sudah memercayai Komandan, aku, dan Kavaleri untuk sampai sejauh ini? Komandan menanggapi permintaan Tuan Elle. Bukankah itu kepercayaan?"

Jadi, tidak perlu ada yang perlu disalahkan. Dalam kehidupan ini, Pruelle dan saudara-saudaranya aman-aman saja, dan tidak ada hal buruk yang terjadi. Itu sudah cukup.

[BL] 💛🖤Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang