“Baiklah. Kalau begitu, aku akan menyusul. Lakukan saja apa yang kalian inginkan.”
Respon setengah hati dari Knight Commander yang seolah telah kehilangan motivasinya, segera diikuti oleh Kishiar yang kemudian memberi isyarat kepada Ever, Emun dan Finn. Bersama dengan sipir penjara, mereka mengunci ke tempat mereka menemukan orang-orang yang dipenjara sehari sebelumnya.
“Itu ada di sana!”
Yuder menoleh ke arah yang ditunjuk Emun dan berteriak. Tempatnya adalah ruang bawah tanah berukuran besar yang menempel di sebelah pintu yang mengarah dari lantai 1 ke lantai 2 penjara bawah tanah. Sementara sel-sel lain yang mereka lewati relatif tenang, suara-suara aneh berulang kali keluar dari area ini yang menarik perhatian.
Suara yang dipancarkan dinding, tidak manusiawi dan suara yang terdengar seperti isak tangis terdengar sampai ke telinga mereka. Jeymer Phil bertanya kepada sipir penjara dengan wajah meringis.
“Mengerikan sekali. Makhluk macam apa yang dipenjara di sini sampai bisa mengeluarkan suara seperti itu?”
Ia seolah-olah tidak tahu sama sekali bahwa makhluk-makhluk seperti itu dikurung dalam penjara yang menjadi tanggung jawabnya.
“Itu akan menjadi...”
Saat sipir penjara dengan hati-hati mulai menjelaskan sifat orang-orang yang terperangkap di dalam, para anggota Kavaleri mendekat tanpa ragu-ragu. Penjaga di depan pintu menelan ludah dengan gugup.
Yuder berdiri di samping Kishiar dan memeriksa mereka yang ada di dalam jeruji besi. Menurut apa yang didengarnya dari Ever, mereka adalah kelompok yang beragam dalam hal usia dan jenis kelamin. Tubuh mereka sangat kotor sehingga sulit untuk mengenali bentuk asli pakaian mereka dan bau busuk bahkan dari kejauhan.
Sebagian besar tergeletak di lantai batu yang dingin, gemetar saat mereka menatap ke dalam kedinginan. Beberapa melolong seperti binatang buas, sementara yang lain berulang kali menggaruk dinding. Pemandangan itu sangat tidak biasa sehingga sulit dipercaya bahwa para penghuninya adalah sesama manusia dan ekspresi Kishiar berubah serius.
“Apakah mereka dalam kondisi ini saat pertama kali tiba di sini?”
“Ya. Mereka jarang berkomunikasi dan tidak menunjukkan ketertarikan satu sama lain.”
Sipir penjara menjawab dengan wajah tegang. Menurut para penjaga, mereka tidak menunjukkan minat pada satu sama lain dan sulit untuk mengatur mereka karena mereka sering mengamuk dan melukai diri mereka sendiri.
“Awalnya, ada sekitar 20 orang yang ditangkap, tetapi karena sering kejang-kejang dan melukai diri sendiri, kini tersisa sekitar 16 orang.”
“Apakah ada keluarga atau saudara yang mencari mereka?”
"Ya. Pakaian mereka sangat kotor sehingga sulit dipastikan, tetapi di antara apa yang mereka kenakan, banyak yang tidak bergaya Kekaisaran. Saya menduga beberapa orang asing mungkin ikut serta, tetapi tidak ada cara untuk mengetahui dari mana mereka berasal..."
Yuder mendengarkan percakapan itu dan sekali lagi mengamati wajah para individu yang dipenjara.
"Mereka jelas bukan Awakener. Bukan hanya ingatan mereka yang terhapus; pikiran mereka juga tampak hancur. Apakah ini ulah pihak kita?"