Mendengar suara yang diwarnai rasa geli itu, Yuder menoleh dan mendapati Kishiar yang ujung rambutnya sedikit basah, mendekat untuk berdiri di sampingnya di depan lukisan itu. Petugas itu diam-diam menghilang dari pandangan.
"Hmm. Apakah kamu melihat ini? Sudah lama."
"Kudengar lukisan itu dibuat sebelum kamu berangkat ke Peletta."
"Benar sekali. Aku melakukannya karena banyak yang mengatakan aku tidak akan pernah kembali dari sana. Bisa dibilang itu seperti potret yang dimaksudkan untuk ditinggalkan setelah kematian seseorang."
Kishiar dengan santai mengungkapkan latar belakang suram lukisan itu. Namun, ekspresinya saat melihatnya tidak suram atau tampak tidak senang.
Yuder menatap sekilas wajah dalam potret itu, kontur lembut dan auranya yang sementara sepenuhnya hilang, digantikan oleh senyum yang tertutup dan santai, sebelum menjawab.
"Kalau begitu, lukisan itu menjadi lukisan yang paling tidak berguna di dunia. Lagipula, kau masih di sini."
"Benar."
Mata Kishiar berbinar seolah kata-kata Yuder adalah jawaban yang tepat yang diharapkannya. Tampaknya lukisan yang masih disimpan di sini lebih merupakan kenang-kenangan dari tujuan awalnya yang tidak lagi berarti.
"Tapi karena kamu sudah menunjukkan ketertarikan seperti itu, sepertinya lukisan itu tidak sepenuhnya tidak berguna. Apakah kamu menyukai lukisan itu?"
"Bukan karena aku suka lukisan itu, tapi karena penasaran, aku belum pernah melihat potret dirimu sebelumnya."
"Jadi, kamu benar-benar penasaran dengan masa mudaku."
Kishiar membaca niat Yuder dengan sangat akurat, wajahnya dipenuhi dengan antusiasme.
"Jadi, apa kesanmu?"
Kesan. Yuder tidak dapat mengatakan bahwa ia telah merenungkan nasib lukisan yang tampaknya tidak ada gunanya ini dari kehidupan sebelumnya atau cobaan yang harus dihadapi Duke muda dalam potret itu setelah menuju Peletta.
Pada akhirnya, hanya ada satu hal yang bisa dia katakan.
"... Aku pikir kamu tampan sejak saat itu."
Mata Kishiar berbinar.
"Hanya itu yang ingin kau katakan? Agak memalukan untuk mengatakannya sendiri, tetapi saat itu, orang-orang sering mengatakan aku lebih seperti malaikat daripada manusia atau bahkan udara yang dihirup oleh napasku sangat indah."
Dia tidak tampak malu sama sekali, apalagi isi kata-katanya.
"Sepertinya kamu sudah mengetahuinya, jadi apa lagi yang ingin kamu dengar?"
"Aku mungkin bosan mengetahui betapa tampannya aku, tetapi pujian khusus dari orang istimewa selalu merupakan sesuatu yang ingin lebih sering aku dengar."
Kalau saja bukan Kishiar yang berani melontarkan komentar merinding seperti itu, komentar itu pasti akan langsung berubah menjadi debu di tangan Yuder.
Namun, dia adalah Kishiar. Pujiannya terhadap penampilannya sendiri cukup meyakinkan untuk membuat siapa pun menerimanya, jadi yang bisa dilakukan Yuder hanyalah menghela napas pendek.