Bab 581

12 4 0
                                    

Di permukaan, tidak ada yang tampak salah. Semua pembicaraan tampak tidak berbahaya. Akan tetapi, melalui pengawasan ketat Yuder, cara Kishiar menghadapi Katchian terlihat jelas.


Saat itu, Kishiar memperlakukan Katchian dengan cara yang sama seperti Katchian memperlakukan orang lain. Meskipun tidak sepenuhnya sama, Kishiar jauh lebih moderat, namun esensinya sangat mirip.

Cara yang halus dan tak terduga untuk menembus orang lain.

Selama masa pemerintahan Katchian sebagai Kaisar, semua orang selalu waspada, selalu waspada terhadap keinginan tak terduga yang menentukan siapa yang akan digulingkan dan siapa yang akan mati. Namun, ketika tersaring melalui tangan Kishiar yang tersisa dari teror ini hanyalah lelucon belaka.

Di ujung bilah pedang tajam yang pernah diayunkan para bangsawan untuk membuat orang lain takut yang ada hanyalah kenaifan.

Katchian mungkin tidak mengabaikan apa yang ditunjukkan Kishiar kepadanya. Putra Mahkota muda itu tidak dapat menyembunyikan kebingungan dan kecemasannya, karena ia menyadari bahwa orang-orang yang ia anggap sederhana dan menggelikan ini telah mendorongnya ke wilayah yang tidak dikenalnya. Meskipun ia berusaha menutupinya dengan senyum yang dipaksakan, kegelisahannya terlihat jelas bagi mereka yang memiliki mata tajam.

Namun, dia masih bisa bertahan.

Saat mata mereka bertemu, Katchian tampak mengerut, tetapi segera menggertakkan giginya dan menegakkan kembali posturnya. Ia kemudian cepat-cepat minta diri, dengan mengatakan bahwa kalimatnya yang belum selesai itu hanyalah ungkapan keprihatinannya terhadap Kaisar dan Permaisuri dan bahwa kondisi fisiknya saat ini adalah satu-satunya alasan untuk berhenti mendadak.

Meski orang bisa merasakan kemarahan yang nyata saat melihat Kishiar, respons luarnya tidaklah buruk.

"Ah, begitu. Yang Mulia juga tidak sehat akhir-akhir ini. Namun Anda datang jauh-jauh ke sini untuk menunjukkan perhatian kepada mereka berdua, mengingatkan kita sekali lagi betapa berharganya keluarga,"

jawab Kishiar, juga berpura-pura mengerti dan melanjutkan. 'Keluarga itu berharga,' sungguh ironis istilah antara Katchian dan mereka.

"Memang. Kesehatan lebih penting daripada apa pun,"

Kaisar menjawab, mengalihkan pandangannya ke arah Katchian. Matanya menyampaikan banyak pesan yang tak terucapkan.

Bagaimanapun, acara makan malam tetap berlanjut. Sejak Katchian menyinggung soal kesehatan, Kishiar mengubah strategi pembicaraannya. Ia berhenti menggoyang suasana dan mulai membiarkan Katchian memimpin pembicaraan.

Hal itu dilakukan dengan cara yang sangat canggih sehingga bahkan Katchian sendiri mungkin belum sepenuhnya memahaminya.

Pertanyaan, lalu jawaban. Lebih banyak pertanyaan, lalu lebih banyak jawaban.

Dari topik kesehatan yang diperkenalkan sendiri oleh Katchian, aliran pertanyaan dan jawaban yang alami secara halus diarahkan untuk mendapatkan jawaban yang lebih panjang dari pihak Katchian sambil hampir tidak membocorkan informasi dari pihak Kaisar. Kewaspadaan Katchian sedikit condong ke arah yang berbeda, karena sebelumnya sudah pernah terguncang.

Kemampuan Kishiar dalam mengendalikan kecepatan percakapan begitu hebatnya sehingga Yuder bahkan mendapati dirinya merenungkan apakah keterampilan retorikanya telah mencapai tingkat dewa.

[BL] 💛🖤Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang