Mulut yang tadinya berceloteh tiba-tiba tertutup rapat. Mata bulat yang mengintip dari sela-sela rambut biru menatap Yuder dengan kegembiraan dan antisipasi baru.
"Usulan untuk hak menunjuk seorang pembantu?"
Yuder tidak menjawab secara verbal, namun menganggukkan kepalanya pelan.
Finn masih ingat percakapan singkat yang pernah didengarnya sebelumnya di markas Western Mage Union di Hutan Great Sarain, bersama Hinn dan Gakane.
"Tentu saja aku ingat. Tapi kenapa? Apakah kamu berencana untuk memberikannya kepadaku?"
"Jika kamu bersedia, apakah kamu akan mempertimbangkan untuk menerimanya?"
Kegembiraan mengalir deras dari bibir Finn yang terbuka. Bocah itu yang pipinya yang lembut memerah seperti binatang muda, tampak seolah-olah akan menganggukkan kepalanya kapan saja, tetapi dia tidak melupakan kehati-hatiannya, penasaran mengapa tawaran yang begitu tiba-tiba itu diberikan.
"Apakah kamu memberikan penawaran ini hanya kepadaku saja atau juga untuk Hinn dan Gakane di Hutan Sarain Agung?"
"Ini usulan yang pertama kali diajukan kepadamu. Mereka berdua tidak ada di sini."
"Aha. Maksudmu kamu butuh seseorang di sini untuk membantu Yuder."
Mata Finn menyipit saat dia cepat menangkap makna yang tak terucapkan.
Meskipun saudara-saudara Eldore terkadang tampak lebih naif dan tidak berpikir panjang daripada anggota termuda di Kavaleri, pada kenyataannya, kemampuan mereka untuk membaca situasi dan menilai masalah lebih luar biasa daripada banyak anggota dewasa. Itu berarti mereka tidak hidup naif seperti yang terlihat.
"Tetapi mengapa kamu memerlukan bantuan sampai harus menggunakan janji temu terlebih dahulu?"
Yuder merendahkan suaranya setelah memastikan sekali lagi bahwa tidak ada seorang pun di sekitarnya.
"Aku ingin kamu mengawasi dan menyelidiki beberapa orang di Tainu atas namaku. Tanpa diketahui siapa pun. ...Bisakah kamu melakukannya?"
"Tentu saja aku bisa! Aku yakin!"
Finn berseru sambil memukul dadanya.
"Tapi siapa orang-orang di Tainu ini? Seseorang yang pernah kulihat sebelumnya?"
"TIDAK."
Yuder menatap mata Finn yang berbinar.
"Mereka adalah pedagang selatan yang datang ke sini kemarin atas perintah Duke Tain."
Tadi malam, Yuder melihat pedagang selatan di sebuah kedai dan penginapan yang terhubung ke gudang yang penuh dengan barang dagangan rahasia Duke Tain. Kishiar telah memerintahkan Nathan Zuckerman untuk mengawasi mereka, tetapi Yuder merasa perlu untuk menyelidiki mereka secara terpisah.
Bukan karena dia tidak percaya pada Nathan Zuckerman dan para Ksatria Peletta, tetapi karena dia merasakan firasat yang tak terlukiskan dari cara para pedagang selatan tampaknya mendeteksi kehadirannya dengan sangat cepat.
'Aku tidak bisa yakin karena aku tidak berusaha, tetapi... Aku harus mempertimbangkan kemungkinan bahwa mereka mungkin adalah para Awakener.'