Bab 569

12 5 0
                                    

"Kalau begitu, mari kita mulai."


Nama asli permainan taktik ini adalah 'Imuran Yute Mesis.' Nama yang rumit dan panjang yang berasal dari kata-kata kuno, hanya sedikit yang pernah mengucapkannya dengan benar.

Permainan pion terdiri dari delapan jenis, totalnya dua puluh empat. Ketika dimainkan oleh dua orang, paling sering dua jenis akan bertabrakan, menyisakan enam jenis dengan delapan belas buah. Yuder mengamati pemandangan di hadapannya: seorang raja, seorang jenderal, seorang menteri, seorang ksatria, seorang pendeta dan seorang pion biasa.

Terbuat dari batu-batu yang dipol halus dengan pola seperti gelombang, Yuder telah memegang potongan-potongan ini beberapa kali dalam kehidupan sebelumnya, saat ia mempelajari permainan tersebut.

Ketika Kishiar meninggalkan jabatannya sebagai Komandan untuk pergi ke Peletta, ia telah meninggalkan sebagian besar barang-barangnya di kantornya, termasuk barang-barang ini. Yuder kemudian menyelipkan papan permainan yang tidak terpakai ke dalam laci dan tidak pernah mengeluarkannya lagi karena Kishiar tidak pernah berhenti lagi.

Anehnya, meski ini tentu saja merupakan karya pertama yang disentuhnya dalam kehidupan barunya, karya-karya itu masih terasa familiar di tangan.

Potongan-potongan putih dan hitam. Pemandangan kantor Komandan tempat mereka berdua duduk saling berhadapan. Dan Kishiar La Orr di depannya. Semuanya sama dan berbeda.

Yuder menggerakkan sebuah bidak. Saat ia menggerakkan bidak biasa, Kishiar juga mengangkat tangannya dan menggerakkan bidak biasa putihnya. Cara anggun Kishiar memegang bidak, ekspresi tanpa ekspresi di wajahnya hingga ia menempatkannya, semuanya seperti yang diingat Yuder.

'Ya... kamu mungkin tidak tahu, tapi aku tahu.'

Bagaimana Kishiar memulai permainan untuk mengukur niat lawannya. Bidak mana yang ia gunakan dalam situasi apa. Bagaimana ia menggerakkan setiap jenis bidak. Yuder tahu semuanya.

Informasi yang diperoleh dari permainan yang tak terhitung banyaknya yang pernah dimainkannya bersama Kishiar muncul kembali dalam pikiran, satu per satu. Tanpa ragu, Yuder kembali menyelami pola-pola yang sudah dikenalnya itu.

Bidak putih yang ditempatkan Kishiar langsung ditangkap oleh bidak hitam milik Yuder. Kemudian, bidak putih lain di belakangnya mencoba memanfaatkan kesempatan itu melalui pengorbanan. Namun, gerakan itu pun sudah diantisipasi dan bidak hitam itu dengan anggun menghindarinya.

Meskipun Kishiar tampak membutuhkan waktu untuk menempatkan bidaknya, Yuder nyaris tidak ragu saat ia dengan cepat membalas setiap gerakan. Hasilnya, permainan berlangsung sangat cepat.

Setelah kehilangan tiga buah catur secara berurutan, Kishiar akhirnya berhenti dan berbicara perlahan, matanya berkedip pada papan catur.

"Ini kamu tidak memikirkan taktik dan strategi sebelum bergerak, bukan?"

Pandangannya beralih ke tangan Yuder, lalu ke wajahnya.

"Sepertinya kamu mengantisipasi gerakanku dan membalasnya dengan tepat."

Untuk sesaat, sensasi menggetarkan mengalir dalam hati Yuder.

'Seperti yang diharapkan.'

Dia yakin Kishiar La Orr dapat mengetahui kebenaran tersembunyi dari permainan ini saja.

[BL] 💛🖤Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang