"Akhirnya berhasil."
Yuder menyeka keringat yang menetes di dahinya saat dia akhirnya melihat keadaan internal Kaisar Keilusa.
Baru ketika ketegangan akut yang telah membara mulai mereda, dia menjadi sangat sadar akan sekelilingnya. Saat mengalihkan pandangannya, dia melihat mata merah Kishiar yang sedang menatapnya dengan saksama dari jarak yang agak jauh.
Kekhawatiran yang tak terucapkan tetapi nyata serta pengamatan yang cermat.
Meskipun Kishiar menahan diri untuk tidak mengucapkan kata-kata kekhawatiran yang berlebihan mengingat situasinya, Yuder tahu bahwa jika ia merasakan Yuder berusaha keras menahan rasa sakit, Kishiar tidak akan ragu untuk campur tangan tanpa mempedulikan perintah Kaisar atau kekeras kepalaan Yuder sendiri.
Anehnya, hanya dengan merasakan tatapan waspada itu, tampaknya sudah memberikan dasar yang kuat di belakangnya. Yuder menarik napas dalam-dalam dan mengalihkan pandangannya kembali ke Kaisar.
"Gerbang dalam terbuka, Yang Mulia. Apakah semuanya baik-baik saja?"
"Sensasinya agak aneh. Namun, selain itu, semuanya seperti biasa."
"Kalau begitu, bagaimana kalau kita lanjutkan?"
Kepala Kaisar Keilusa bergerak hampir tak terasa, menandakan persetujuan.
Akhirnya diizinkan untuk melihat cara kerja internal Kaisar, sebagaimana dugaan kami, hasilnya sungguh kacau.
Energi dalam tubuh Kaisar lebih sedikit dan lebih tersebar daripada energi dalam tubuh Kishiar. Tidak ada aura yang bisa dibicarakan dan energi sihir hanya ada dalam konsentrasi kecil di sekitar jantung. Aspek yang paling penting adalah cahaya putih transparan dari energi ilahi.
Tontonan energi ilahi yang mengalir tak menentu di seluruh tubuhnya, kusut dan pecah secara berkala, ternyata tidak normal bahkan pada pandangan pertama.
'Dan wadahnya...'
Mata Yuder mengamati area di sekitar titik vital Kaisar. Berkat usahanya sebelumnya, ia dengan cepat menemukan 'wadah' di tengah aliran cahaya yang rumit.
Terletak kira-kira di bagian tengah tubuh terdapat gumpalan kecil energi, terhubung seperti akar dari semua kekuatan, yang memperluas cabang-cabangnya. Inilah wadahnya.
Akan tetapi, wadah Kaisar Keilusa tampak tidak stabil, seolah-olah bisa lenyap kapan saja. Yuder tidak kesulitan menebak alasannya.
Kekuatan terbesar yang mengisi wadah Kaisar adalah energi ilahi. Namun, saat energi ilahi ini mencoba kembali ke wadahnya, energi tersebut menjadi kusut dan hilang di tengah jalan, sehingga hanya sedikit yang benar-benar mencapai tujuannya. Wadah tersebut kehilangan bentuknya karena kekurangan energi untuk menopangnya, menyebabkan energi kacau di dalam tubuh saling bertabrakan dan kusut. Itu adalah lingkaran setan.
Wadah Kishiar berbeda. Kapal itu stabil karena energi merah yang membungkusnya, memungkinkan energi itu bersirkulasi ke seluruh tubuhnya dengan sehat. Ada beberapa simpul dan kekusutan, tetapi dibandingkan dengan kondisi Kaisar, wadah itu jauh lebih stabil.
'Aku tak pernah menyangka akan mengevaluasi ulang wadah Kishiar seperti ini,' renung Yuder sambil menatap dengan agak getir ke arah wadah Kaisar yang ukurannya bahkan hanya sebesar telur burung kecil.