Chapter 01

483 38 19
                                    

Bukan Firaun
Chapter 01

Semenjak lulus sekolah menengah atas, Nurhala sudah setahun hanya berdiam diri di rumah membantu pekerjaan Abah-nya berjualan buah. Karena Abah ikut pengajian beberapa tahun yang lalu, dia tidak pernah mengijinkan putrinya menjaga kios lagi. Awalnya Nurhala protes namun Abah bersikeras bahwa Nurhala bisa membantu tanpa harus menampakkan dirinya.

"Kata Ustadz, anak perempuan jangan dipejeng-pejeng, entar dilalerin jadi jelek jodoh." ujar Abah tegas.

"Masa gitu Bah?" Nurhala gak yakin begitu ajaran ustadz.

"Lah iya kan? Kalo kawinan aja kagak boleh duduk dipelaminan dipejeng, sama aja dong kayak jaga kios? Lu kan cakep kayak Emak lu Nur, Abah gak mau entar pembeli pada godain apalagi sampe nyolek-nyolek kayak si Hasani noh."

"Hasani kan temen Nur dari kecil, bukan nyolek genit juga, Bah. dia juga udah gak gitu lagi sekarang. Sekarang alim udah ngaji juga." Nurhala membela Hasani.

"Iye, gua tau Hasani anak baek, tapi gua gak mau lagi ada laki yang megang-megang lu, Nur. Kalo bisa lu pake cadar ye!"

"Entar kalo udah lulus sekolah ya Bah!" janji Nurhala waktu itu.

Nurhala menepati janjinya, semenjak lulus sekolah menengah, dia mulai memanjangkan khimar dan memakai cadar. Kebetulan di daerah situ memang sudah banyak yang bercadar jadi Nurhala bukan satu-satunya.

Nurhala memang hanya tinggal berdua dengan Abah karena Emak meninggal ketika Nurhala berumur 12 tahun. Semenjak itu Abah membesarkannya seorang diri dan tidak mau menikah lagi. Walaupun banyak pihak membujuknya, tetap tidak mau.

Ketika Nurhala sudah besar pernah bertanya kenapa Abah tidak pernah menikah lagi.

"Kagaklah Nur, Abah ogah ngasih lu mak tiri. Kagak tega gua bayangin lu ntar disetrika."

"Ya Alloh Bah, masa iya sampe disetrika?" Nurhala suka sebel ama kebiasaan Abah-nya yang agak lebay.

"Aneh gua, dimana-mana, anak kagak mau kalo orangtuanya kawin lagi, lu kok malah maksa, Nur?"

"Bukan gitu Bah, Nur gak mau dianggap menghalangi kebahagiaan Abah. Lagian Nur kan udah gede."

"Udeh, kagak usah kuatirin Abah! Kesannya hidup Abah gak bahagia. Abah udah seneng ngeliat lu tumbuh besar, sehat, cakep, pinter lagi ngajinya. Abah gak butuh bini lagi. Kalau lu nanya yang itu-itu mulu, Abah ngambek nih!" ancam Abah sambil cemberut.

Nurhala berhenti memaksa Abah-nya. Sebenarnya dia juga gak bisa membayangkan ada orang lain yang masuk dalam kehidupan mereka berdua. Bener juga kata Abah-nya. Gimana kalau ibu tirinya jahat? Hiiy...Nurhala begidig membayangkan dirinya disiksa ibu tiri.

*

Siang itu udara panas menyengat, Nurhala baru saja pulang dari rumah tetangga setelah membeli ayam kampung hidup satu ekor. Rencananya dia ingin membuat semur ayam kampung. Abah bilang lebih baik ayam potong sendiri, supaya yakin kesegaran dan kehalalannya. Nurhala menurut saja.

Sesampainya di depan kios buah, suasana sepi. Tidak terlihat pembeli juga Abah-nya. Nurhala pikir mungkin Abah ke kamar mandi.

Nurhala membuka pintu sambil mengucapkan salam.

Terkunci.

"Bah? Abaaah? Assalamualaikum, Bah? Tolong bukain pintu!" Hala memanggil-manggil.

Beberapa detik Nurhala menunggu tidak ada respon.

Nurhala mulai memanggil lagi namun tetap tidak ada jawaban.

Nurhala mengambil hape dan menghubungi Abah.

Bukan FiraunTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang