50. Kesempatan

103 13 3
                                    

Pagi ini Jaehyun ke sekolahnya dianter sang papa—yang katanya lagi ga sibuk dan pengen nganterin Jaehyun.

Selama ini kemana aja?

"Kamu udah siap?" tanya Yunho—papa Jaehyun.

Jaehyun natap sinis papanya, "Bisa liat sendiri kan?"

Yunho ngehela napasnya pelan, "Yaudah, ayo."

Yunho masuk ke mobil di ikutiin Jaehyun yang keliatan dongkol padahal masih pagi. Mamanya udah pergi kerja duluan, mana sempet buatin Jaehyun sarapan.

"Hari ini kamu mulai belajar?" tanya Yunho yang coba ngobrol sama anak bungsunya ini.

"Hm."

"Jae, kamu kenapa begitu sama papa?"

Jaehyun mejemin mata, tolong lah—dia gamau tonjok-tonjokan di dalem mobil.

"Papa masih beruntung Jaehyun panggil papa, kalo Jaehyun udah ga nganggep—mana mungkin Jae begini."

"Papa minta maaf, Jaehyun. Papa tau papa banyak banget salah sama kamu, bikin kamu tertekan sama masalah keluarga—"

"Kalo papa tau begitu, kenapa ngga berhenti? Jae udah besar, pa. Jae gak bakal nahan apa yang Jae mau lakuin, papa mau liat yang lebih dari ini?" kata Jaehyun sambil nunjuk mukanya.

Yunho ngehela napas berat, "Papa minta maaf, Woojae."

"Jangan panggil Jae pake nama itu."

"Woojae, kamu itu orang baik. Papa bener-bener nyesel udah bikin kamu secara ga langsung ikut terlibat dalam masalah keluarga kita," kata Yunho sendu.

Jaehyun nahan emosinya sekuat tenaga, "Papa ga perlu minta maaf, itu salah Jaehyun. Jaehyun aja yang alay pake tingkah gitu," balesnya sinis.

"Papa dapet laporan dari om Yonghwa, kamu berantem sama mereka kan?"

"Emang kenapa?" tanya Jaehyun dingin.

"Papa khawatir sama kamu, Woojae. Mama sama kakak-kakak kamu juga, kenapa kamu begini?" lirih Yunho.

Gak, gak akan segampang itu Jaehyun luluh. Dinding keyakinan dia udah kuat dan dia bakal lemah banget kalo itu runtuh dalam 1 menit. Bertahun-tahun dia usaha ngebangun itu, masa hancur dalam sekejap?

"Khawatirnya baru sekarang? Kemarin-kemarin papa kemana? Kemana papa pas mama teriak-teriak histeris dirumah karena kesakitan?"

"KEMANA PAPA PAS KELUARGA PERLU PAPA?!"

Bahu Jaehyun otomatis narik turun setelah teriak gitu. Dadanya sakit ngga ketulungan, matanya juga mulai panas.

"Papa—"

"Jaehyun kecewa sama papa. Persetan sama durhaka, nyatanya orang tua yang ngebuang anak," kata Jaehyun culas.

"Papa minta maaf, sayang. Papa mohon, maafin papa dan kasih papa kesempatan sekali lagi."

Jaehyun ketawa sinis, "Kesempatan apalagi, pa? Papa gabisa ngemanfaatin apapun dari tenaga papa, cuma bisa nampar mama dan bikin kita semua kecewa."

Yunho nginjek pedal gasnya semakin dalam—mulai kesulut emosi, "Kamu jadi anak gausah sok ngomong begitu. Kamu gatau susahnya papa gimana dimasa-masa begitu, Jaehyun."

"Jaehyun tau papa cape, mama juga cape, kita semua bisa cape! Jangan ngomong gitu kalo papa mau keliatan menonjol di keluarga kita, cuma papa yang kerja dan lain-lain. Mama juga berusaha menghidupi kita selama papa nggak ada. Pikir dong gimana susahnya dikala papa ngga ada buat keluarga," jelas Jaehyun panjang lebar.

Yang jelas, Yunho itu gila kerja. Dia mentingin hal-hal lain dibanding keluarganya sendiri, entah itu uang atau kerjaan. Ngga ada kata keluarga dalam kamus Yunho dan itu yang bikin Jaehyun kecewa.

"Setidaknya maafin papa kalo kamu mau ngeliat papa berubah."

Jaehyun ngelepas seatbeltnya dan narik napas dalem-dalem trus di hembusin perlahan.

"Ngga ada kesempatan ketiga, Jaehyun pegang kata-kata papa. Dan Jaehyun mohon, kali ini papa bener-bener ada."

Jaehyun turun dari mobil dan lari ke dalem gedung sekolah, mati-matian nahan air mata dan gejolak emosi di diri dia.

Dinding itu hancur, dan Jaehyun melemah.



[2] TrustTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang