Aku bahkan tidak tahu apakah dia merajuk dari awal. Aku tidak tahu karena dia adalah orang yang niat sebenarnya sulit dimengerti.
Alangkah baiknya jika Damian, seperti putra mahkota, yang merupakan tipe orang yang menunjukkan emosinya di wajahnya meskipun dia mengatakan sesuatu yang tidak dia maksudkan.
Tidak, bukan itu masalahnya. Akan menjadi masalah jika terlalu mudah dimengerti, dan akan menjadi masalah jika terlalu rahasia.
Selagi aku memikirkan itu, pria yang berjalan dengan tenang menatap lurus ke depan tiba-tiba membuka mulutnya.
"Kamu tahu, sekarang Yang Mulia sudah kembali."
Maksudmu Putra Mahkota. Aku masih melihat ke depan dari arah samping dan menatap wajah sampingnya yang dingin yang berjalan.
Dia melanjutkan cerita berikutnya dengan suara yang tenang.
"Aku pikir lebih baik tidak melakukan hal yang membuat salah paham."
"Apa salah paham?"
“……… Apakah kamu akan membuatku mengatakan itu keluar dari mulutku?
Dia menatapku dengan tatapan bingung atas pertanyaanku. Apakah kamu berencana membiarkanku berbicara dengan mulutku sendiri? Rasanya seperti aku tahu jawabannya tetapi pura-pura tidak tahu.
Dan apa lagi yang tidak bisa aku katakan. Kadang-kadang dia pandai membuat orang frustasi seperti ini. Dia membuka mulutnya saat aku menatapnya dengan tatapan tidak tahu.
"Kamu tahu rumor bahwa kita berkencan, bukan?"
"Ya, tapi itu tidak benar. Kenapa baru sekarang kamu membicarakannya lagi?"
"Empat tahun yang lalu, kamu dan Yang Mulia, apa hubungan kalian?"
"Bukan begitu......."
Aku tidak tahu mengapa kamu berpikir begitu, tapi Putra Mahkota dan aku benar-benar tidak punya hubungan.
"Lalu mengapa kamu belum menikah?"
"Aku hanya tidak ingin menikah........"
"Kenapa kamu tidak pacaran?"
"Bukan berarti aku tidak ingin melakukannya........ Karena sangat sibuk. Tak banyak orang di sekitar sini. Dan sebenarnya aku ........"
Boleh aku mengatakan ini? Aku ragu-ragu untuk berbicara.
"Aku tidak pernah menyukai siapapun sebelumnya."
"......."
Suaraku yang mengucapkan kata-kata itu adalah suara yang sangat dingin bahkan ketika aku mendengarnya.
Namun, sampai saat ini, aku memang tidak pernah menyukai seseorang sama sekali itu memang jujur.
Apa yang bisa kukatakan? Aku tidak tahu detailnya. Tapi sejak aku lahir, aku merasa seperti kehilangan sesuatu yang menyenangkan.
Meskipun itu bukan penyakit mental karena aku sudah berlatih banyak dan bisa berbaur dengan sekelompok orang biasa.
Ada sesuatu yang bertentangan dengan cara berpikir manusia biasa.
Oleh karena itu, aku tidak bisa membiarkan orang mendekatiku. Aku takut mereka akan tahu aku aneh.
Karena aku tidak bisa merasakan cinta, sehingga aku secara otomatis tidak merasakan kesepian.
Jadi aku tidak mengalami yang namanya ketidaknyamanan apa pun dalam hidup, tetapi ada kalanya aku bertanya-tanya tentang perasaan kalau dicintai.
***