Dia pasti sudah terbiasa mendapatkan perhatian sejak kecil, karena dia telah menerima begitu banyak kekaguman atau iri, kecemburuan, evaluasi atau pandangan pengamatan dari berbagai orang, tapi dia bereaksi berlebihan hanya pada apa yang aku lihat.
Aku tidak melihatnya dengan maksud jahat, aku hanya melihatnya.
Walaupun sedikit tidak adil, tapi aku memutuskan untuk berhenti mengamatinya karena dia terlihat kesal.
Aku kembali ke tempat dudukku, menggerutu, dan mengambil buku yang telah kubuang tadi.
Saat aku membuka-buka halaman buku itu, aku mendengar dia menghembuskan napas, seolah-olah dia sedang santai dan berkata, 'Haa'.
Aku dengan lembut membuka mataku ketika sebuah tangan menyentuhku. Sepertinya aku tertidur.
Saat aku membuka mata, aku melakukan kontak mata dengan Raven yang sedang mengamatiku dengan dagu bertumpu di depanku. Dilihat dari pikiranku yang segar, sepertinya aku sudah tertidur cukup lama.
Aku bilang aku akan melakukannya bersama-sama, tapi aku tertidur dengan nyenyak, jadi dia pasti bosan sendirian. Aku merasa sedikit menyesal. Sentuhan yang membangunkanku tadi sepertinya orang ini.
Namun, dia telah melepas tudung pengap yang dia kenakan sepanjang hari dan melepas kacamatanya. Selain kacamatanya, tudungnya dibuang kemana?
Sepertinya dia kehilangannya entah di mana. Dasar anak nakal. Mengapa kamu tidak menutupinya di tempat umum bagaimana jika seseorang mengenali?
Aku menatap kosong ke wajahnya dan mendekatinya perlahan.
"........."
Raven tidak berkata apa-apa, hanya mengistirahatkan dagunya dan menatap gerakanku dengan cermat.
Aku berjalan ke arahnya dan perlahan membuka kancing tudung yang kukenakan dan memakaikannya padanya.
Dia menatapku seolah bertanya padaku kenapa aku melakukan sesuatu secara tiba-tiba, tapi dia tidak mengatakan tidak atau mendorongku menjauh.
Dengan cermat aku mengancingkan tudung itu sampai ke lehernya dan menepuk-nepuknya. Untuk tidak pernah kehilangannya lagi.
Aku juga membutuhkan tudung untuk menutupi wajahku, tapi status Raven tidak mirip denganku, jadi dia seharusnya tidak lebih terlihat dariku.
Kalau yang ada hanya satu tudung, sudah jelas mana di antara keduanya yang harus menutupi wajahnya yang tidak perlu dijelaskan.
Bagaimanapun, aku akhirnya tidak menutupi wajahku. Tidak akan ada keributan mengenai hal ini.
Setelah menyelesaikan apa yang harus aku lakukan, aku mencoba menjauh darinya. Andai saja dia tidak menyambar wajahku yang menjauh.
"........."
"........."
Saat itulah Raven dan aku melakukan kontak mata. Aku begitu fokus menutupi wajah Raven sehingga aku bahkan tidak menyadari ekspresi apa yang dia buat.
Dia jarang bersikap tidak malu-malu, dia juga tidak menghindari kontak mata, menatap langsung ke arahku dengan mata merah menyala.
Aku menatap matanya dengan wajah tenang, dan saat wajahnya semakin dekat, aku mengangkat tanganku dan menghentikannya untuk menciumku. Sentuhan lembut menyentuh telapak tanganku.
"Ini adalah tempat umum."
"Tidak ada seorang pun di sini."
Dia meletakkan mulutnya di telapak tanganku dan bergumam dengan suara tidak puas.
Ketika aku mendengar kata-kata itu dan melihat sekeliling, aku melihat tidak ada orang lain di perpustakaan kecuali kami.
Ketika aku melihat ke luar jendela, hari sudah gelap. Itu sudah melewati waktu penutupan.