Sebenarnya, aku tidak keberatan mengurung diri di kamarku selama satu tahun atau lebih.
Tapi kataku dengan sengaja berpura-pura menjadi lebih menyedihkan. Ketika aku mengatakan kepadanya bahwa aku bahkan tidak bisa keluar dengan bebas, putra mahkota tampak seperti diliputi rasa bersalah, seperti yang aku inginkan.
Dia tidak menjawab, menggigit bibir dan menatap ke suatu tempat di luar jendela dengan tatapan bingung.
Momen berada di ruangan yang sama dengan putra mahkota juga sama, dan faktanya, pada titik ini, aku bertanya-tanya mengapa dia memperingatkanku untuk tidak terlihat pada saat ini.
Meskipun dia mengatakan dengan mulutnya bahwa dia tidak menyukaiku dan bahwa dia tidak ingin melihatku, sebenarnya putra mahkotalah yang terus menempel padaku, bukan aku.
Aku menatap dari samping wajah Putra Mahkota dan berkata,
“Tidak bisakah anda berpura-pura bahwa anda sudah memberitahu saya untuk tidak terlihat dan ini tidak pernah terjadi?”
"........"
"...... Saya lelah."
Aku sungguh-sungguh mengatakan bahwa itu sulit.
Suaraku sepertinya serak karena suatu alasan, jadi aku merasa bingung bahkan saat aku mengeluarkannya.
"........"
Putra mahkota menggigit bibirnya dan mengerutkan alisnya mendengar kata-kataku. Dia mungkin paling tahu bahwa itu tidak ada artinya.
Dia tidak menjawab untuk waktu yang lama.
"........"
Dan ketika pertanyaan yang aku tanyakan kepada Putra Mahkota perlahan-lahan menjadi tidak jelas, dia mengucapkan beberapa kata dengan suara kecil.
“………………Terserah kamu saja. "
"Eh....... Terima kasih."
Ketika putra mahkota memberiku izin, aku secara refleks mengucapkan terima kasih dan memiringkan kepalaku. Mengapa aku harus mengucapkan terima kasih?
Yang merasa risih karena teguran yang dia berikan padaku untuk tidak menarik perhatian bukanlah aku, tapi putra mahkota, jadi putra mahkota, bukan aku yang harus berterima kasih.
Pertanyaan seperti itu langsung menghilang begitu melihat wajah samping Putra Mahkota di bawah sinar bulan.
Dia mencoba berpura-pura tidak merasakan apa-apa, tapi anehnya wajahnya memerah.
Apa…… Bagus itu bagus. Biarkan aku mengerti karena dia berbeda di luar dan di dalam.
***
Ketika aku membuka mata, aku telah berada di tempat tidur. Sebelum aku menyadarinya, aku sudah tidur dengan nyaman seolah-olah aku berada di kamarku sendiri, bahkan dengan selimut yang menutupi tubuhku. Tapi ini bukan kamarku.
Perlahan aku bangkit dan melihat sekeliling. Putra mahkota sedang duduk di dekat jendela sebelum kami tertidur.
Putra mahkota yang sedang duduk di dekat jendela, sepertinya menyadari bahwa aku telah bangun, jadi dia mengarahkan pandangannya ke arahku dan berkata.
“….... Jika kamu bangun, bersiaplah untuk pergi.”
“Apakah aku tidur di sini?”
"Itu benar."
Aku sangat tercengang hingga aku menghela nafas putus asa.
Tidak peduli seberapa besar suasana rekonsiliasi yang tercipta, aku tidak percaya aku sempat kesulitan tidur di kamar pria yang menjadi musuhku hingga beberapa hari yang lalu.