Aku tidak tahu kapan ini dimulai, tapi satu hal yang pasti. Alasan ketidakpercayaannya pada manusia adalah aku. Begitu pikiranku mencapai titik itu, aku merasa diriku pusing.
Bukankah putus dengan ini adalah akhir yang bahagia?
"Bukankah kamu menyalahkanku?"
Pada pandangan pertama, dia tampaknya meminta pendapatku, tapi sepertinya dia sudah memiliki jawaban di dalam dirinya.
Menurutmu kenapa aku harus menyalahkanmu?
Semua syarat lainnya dikecualikan, jika aku harus memilih satu orang, aku lebih memilih Raven sebagai pasangan menikah. Tentu saja, yang terbaik adalah tidak menikahi siapa pun.
Kataku sambil memegang tangannya tetapi dia perlahan menundukkan kepalanya dan melihat ke lantai.
"Aku menyukai Raven lebih dari yang kamu kira."
"........"
Tetapi dia tidak mengangkat kepalanya. Aku merasa butuh sesuatu yang lebih kuat.
"Jadi begini. Aku rasa sulit bagi kamu untuk memahaminya, jadi izinkan aku menjelaskannya dengan sebuah contoh."
Aku menarik napas panjang dan dalam, lalu mulai membuat daftar dengan suara pelan semua hal yang kurasakan sejak melihat Raven hingga sekarang.
"Aku tidak pernah menganggap seseorang itu cantik dari luarnya, tetapi ketika aku pertama kali melihat Raven, aku berpikir bahwa kamu adalah orang yang benar-benar cantik. Raven adalah orang pertama yang menurutku keren. Hmm. Juga, ada beberapa orang yang menganggap mata merah Raven itu menyeramkan, tapi menurutku itu sangat cantik, alis bagian dalammu sangat panjang, kulitmu putih dan seragammu cocok untukmu. Oh, dan rambut pirang sebenarnya bukan seleraku.......... Aku menyukai pria lugu dengan rambut hitam daripada pirang, tapi kalau itu Raven, tidak apa-apa........"
Aku hanya membuat daftar hal-hal yang positif saja dan mengabaikan semua hal-hal yang negatif, seperti terlalu banyak mengomel, terlalu berbeda secara lahir dan batin atau diam-diam berpikiran sempit.
Awalnya, wajah Raven menjadi lebih merah saat dia mendengarkan dengan penuh perhatian dan akhirnya dia memotongku dan berteriak keras, seolah dia tidak bisa mendengarkannya lagi.
"Berhenti! Hentikan! Apakah kamu akan membunuhku?"
"Itu karena Raven tidak terlalu mempercayai hatiku."
Dengan wajah yang sangat merah hingga dia tidak bisa lagi tersipu, dia membentak dengan nada kasar, seolah berusaha menyembunyikan rasa malunya.
"Fakta bahwa kamu bisa dengan santai mengatakan hal-hal memalukan seperti itu berulang kali adalah bukti bahwa kamu tidak melihatku sebagai alasan. Bahkan pelayan pun bisa menyanjung seperti itu."
"Lalu apa yang harus aku lakukan? Tetap saja, aku tidak mengarang sesuatu yang tidak ada. Apakah ini tidak cukup? Apa lagi yang kamu inginkan?"
Aku mungkin tidak akan pernah tahu seumur hidupku apa yang dibicarakan Raven, 'bagaimana mempermalukan dengan kata-kata memalukan.'
Raven selalu menanyakan hal-hal sulit dariku. Mungkin ini bukan masalah besar bagimu, tapi setidaknya bagiku itu masalah besar.
Akan lebih mudah jika kamu mengatakan, 'Aku ingin mendengar ini!' ......... Ah. Kenapa aku tidak memikirkan hal itu sampai sekarang? Bukankah sebaiknya aku bertanya langsung apa yang ingin dia dengar?
Tidak peduli seberapa banyak aku memikirkannya, aku tidak tahu. Setelah memikirkan hal itu, aku berbicara dengan ramah kepada Raven.
"Kalau begitu, jika ada yang ingin kamu dengar, silakan katakan. Aku akan melakukannya untukmu."