83. The Grey Zone

3K 271 156
                                    

Hari-hari berikutnya gue mulai lagi baca-baca Alqur'an. Me-refresh ingatan tentang berbagai materi yang pernah dipelajari, Nahwu, Sharf, Qurdis, termasuk hafalan surat.

Sekarang udah bisa ngelakuin semua itu dengan penuh kerelaan dan kebahagiaan. It's for you, Sweety. Hang in there and wait for Daddy.

Sejak tiga hari bedrest itu, Bulan ngga pernah nge-flek lagi. Syukurlah, dia dan Sweety sehat-sehat di sana.

Gue masih nagih jatah seminggu sekali buat ketemu dan Bulan ngga keberatan. Sabtu itu, abis shalat Maghrib, langsung berangkat ngapel. Mama senyam-senyum jail nganterin sampe teras. "Seneng, deh liat kamu cerah lagi," katanya.

Jiah! Apa, dah Mama. Malu-maluin!

Gue nunggu Bulan di ruang tamu rumahnya. Bukan pertama kali dateng ke sini, tapi rasanya beda. Lebih deg-degan.

Seumur-umur blom pernah ngapelin cewek di rumahnya. Dua kali pacaran, dua-duanya ngapelin di kosan. Setelah itu masuk kamar atau jalan-jalan ke mana berdua.

Bi Rinah dateng nganterin kopi susu yang gue minta tadi. "Eh, Mas," bisiknya agak nunduk-nunduk, "susu jahe yang waktu itu gimana cara bikinnya? Mbak Bulan minta dibikinin lagi, tapi katanya rasanya ngga sama. Kaya ada yang kurang gitu, katanya. Emang gimana bikinnya? Ajarin Bibi, atuh."

"Wah, susah, Bi," gue jawab bisik-bisik juga, "bikinnya pake cinta soalnya."

"Ih, Mas Kamal." Lutut gue ditepok pake nampan.

Lalu suara dehaman merusak suasana. Om Hendro masuk, tanpa duduk, langsung berdiri di depan gue.

Bi Rinah pamit, gue bales dengan bisikan, "Ntar malem saya bikinin, Bi." Dia ngangguk sama Om Hendro, trus pergi.

Gue berdiri, ngajuin tangan buat salaman sama ayahnya Bulan. Tapi dia bergeming, malah narik lengan bersedekap. "Saya udah kasih peringatan terakhir, jangan ganggu Bulan lagi," katanya dengan tatapan tegas.

Ngajak gelut, nih. "Saya udah ngasih peringatan terakhir, jangan ganggu hidup saya lagi."

Tiba-tiba Bulan udah muncul di belakang ayahnya. "Kenapa, Yah?" tanyanya polos.

"Masuk!" Om Hendro ngasih perintah tanpa ngalihin mata dari mode nantangin gue, "ini urusan Ayah sama Kamal."

"Dia ayah anak ini, apa urusan dia yang aku ga boleh tahu?" Wow! Ganas juga, Bulan.

"Bulan!" Om Hendro menyentak, beralih pada anaknya lalu lanjut ngomong, "ini demi kebaikanmu. Nurut dan masuk!"

Sepasang alis Bulan saling mendekat, ga kalah garang dia ngebales, "Demi kebaikanku? Ke mana aja, Yah? Baru sekarang ngomong soal kebaikanku?"

Om Hendro terpaku. Cuma sebentar, kemudian dia berujar, "Ayah minta maaf soal yang lalu. Kita bicarakan lain kali. Sekarang, biar Ayah selesaikan dulu urusan dengan Kamal."

Muka Bulan menegang. Sebelum dia mulai bicara lagi, gue potong cepet, "Saya ngga punya urusan sama Om. Urusan saya sekarang sama Bulan."

Om Hendro ngga terima, diangkatnya telunjuk, mau ngomong lagi.

Buru-buru gue potong, "Om ngga punya hak ngatur siapa yang boleh ditemuin Bulan. Selama masa iddahnya, kalo saya mau bawa dia pulang pun, bahkan Imam Empat Mazhab ngga akan ada yang ngalangin."

Skak mat! Om Hendro ngga berkutik.

Beralih ke Bulan, gue gandeng tangannya keluar. Ngga nyangka, ternyata dia nurut. 

Cuma sampe pintu ruang tamu, kemudian suara berdebam bikin kami berbalik. "Ayah!" Bulan nyongsong ayahnya yang terkapar di lantai.

Astogeh! Ada-ada aja, dah!

Istriku, BulanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang