"Hai, ini Jung Doyoung. Ya, pasti kalian tau gue siapa."
"Sebenernya ini engga ada spesial-spesialnya, cuma gue pengen nyampein sesuatu ke kalian lewat video ini."
"Kalian pasti marah pas tau gue mau ngapain, dan apa tujuan gue ngerecord video ini. Hanya aja, gue mau mengakhiri semua ini, untuk diri gue sendiri dan kalian. Gue ngerasa cukup dan ini udah selesai, kalian paham maksud gue kan?"
"Gue tau, gue adalah ibu yang egois. Memilih untuk pergi dikala anak-anak belum nunjukin apa yang pengen mereka tunjukin, ninggalin suami yang udah bertanggung jawab atas gue selama ini, pergi dari temen-temen dan keluarga untuk mengakhiri sesuatu yang menurut gue konyol. Tapi gue yakin, setelah gue mati dan misi mereka beres—engga akan ada gangguan lagi. Engga akan ada teror lagi, engga akan ada yang tersakiti lagi. Harusnya, mereka udah puas setelah berhasil mencapai ini sampai nyawa gue jatuh ke tangan mereka bukan?"
"Sejujurnya, gue takut mati. Gue takut banget ninggalin kalian yang sayang sama gue. Namun ini udah waktunya gue pergi, engga ada yang bisa ditunda untuk pergi kesana. Semua orang pasti akan mati, iya kan? Dan inilah waktu yang dikasih sama Tuhan."
"Gue ga akan pernah bisa berhenti bersyukur karena punya sahabat baik kaya kalian, suami yang hebat, dan keluarga super hangat di dunia ini. Kalian udah berhasil ngubah persepsi tentang semenyakitkan apa kalo kita ga punya keluarga, ga punya sahabat, ga punya temen. Itu cuma sementara, karena kita harus bisa ngebuka hati untuk bisa ngerasain kasih sayang dari orang lain—sekalipun itu bukan keluarga kandung kalian."
"Kata-kata maaf, terima kasih, maaf, terima kasih ga akan cukup gue bilang disini. Karena gue cuma manusia biasa yang pasti punya banyak salah, banyak dosa, berbuat yang ga seharusnya semasa hidup. Sebagai manusia pula, gue udah seharusnya tau cara menghargai dengan ngucapin terima kasih banyak ke kalian yang udah selalu ada buat gue."
"Untuk keluarga Doyoung, Doyoung bener-bener berterima kasih sama kalian. Kalian rela ngerawat Doyoung dari kecil, dari bayi banget yakan. Kalian adalah penyelamat, kalian pelindung Doyoung selama ini. Kalo engga ada kalian, Doyoung ga akan bisa jadi kaya sekarang. Makasih banyak karena udah nuntun Doyoung, ngarahin Doyoung, menerima Doyoung, ngedukung Doyoung, sayang sama Doyoung. Apapun itu, Doyoung berterima kasih untuk segalanya. Maaf jika Doyoung ngebebanin kalian, dan belum bisa ngebales apa-apa."
"Hei, Jung Jaehyun, aku punya beberapa pesan buat kamu. Kamu ga perlu nanya tentang kenapa aku ngelakuin ini, karena aku udah bilang diawal kan? Nah itu, jadi jangan tanya lagi. Jadilah ayah yang baik untuk Jayden dan Jaeyoung, Jaehyun. Tanggung jawabmu bakal bertambah karena aku engga ada disana, aku minta maaf akan hal itu. Dan juga, aku minta maaf, aku belum bisa jadi istri impian kamu. Banyak yang harus aku bilang untuk meminta maaf, berterima kasih, atau untuk nyatain cinta ini lewat kata-kata. Tapi kayanya kepanjangan deh, kita ketemu dimimpi lagi aja ya? Just wait for me, i'll come. Jangan lupa baca puisiku di buku itu, awas aja ga dibaca."
"Para anak dajjal, gue sebagai bunda lo semua bakal kangen banget sama tingkah gada akhlak kalian. Gue bakal kangen sama seriusnya Chihoon, kegeniusan Eunwoo, lawakannya Yuta, ketawanya Mark, sapaan formal dari Jaemin, sinis dan ketusnya Johnny, dan polosnya Winwin. Dan juga, gue bakal kangen banget sama Valennia. Kalian tolong tetep jadi diri sendiri ya? Jangan berubah karena orang lain, apalagi karena gue. Improve diri kalian sendiri untuk diri sendiri juga orang lain. Ada 1 permintaan dari bunda kalian, apa kalian bisa ngabulin itu?"
"Semoga, bisa, maksa banget emang. Gue minta tolong, tolong bantuin Jaehyun untuk bangkit dari kesedihannya nanti. Tolong, rangkul dan ajak dia berjalan lagi untuk maju dan ngelanjutin hidup walau tanpa gue. Gue mohon, bantu Jaehyun di masa sulitnya nanti. Terima kasih banyak atas bantuan kalian, gue percaya kalo kalian bakal bantuin Jaehyun bahkan tanpa gue minta kaya gini."
"Pasti kalian juga bertanya kenapa gue bisa bilang kaya gini, padahal gue sekarang baik-baik aja—kenapa malah kepikiran tentang kematian terus? Gue gatau, gue sama sekali gatau kapan gue mati. Waktu itu, Jeffrey sempet dateng ke mimpi gue. Bilang kalo waktunya udah tiba, tempat gue juga udah disiapin. Dan sejak saat itu gue mulai nyinggung tentang kematian terus, merasa kalo waktu gue bener-bener sedikit."
"Kalau gue mati malam ini, maka yang terucap malam inipun bakal jadi yang terakhir kan? Gue gabisa ngasih kenangan yang lebih bagus dan indah, cuma bisa ngerekam video abal-abal yang isinya curhatan, tuntutan, dan permintaan yang berlebihan. Gue udah siap, tapi disisi lain gue masih takut."
"Udah kali ya? Gue kebanyakan bacot. Intinya, gue sayang banget sama kalian. Terutama kamu, Jung Jaehyun."
"Ekhm, ekhm. Gue mau bawain satu lagu nih, semoga kalian suka ya."
"Kimi ni mo kikoeru darou?
Ugokidasu machi no oto ga
Asayake ni somaru window, ai o utau sparrows
Sora wa sukitoutta blueItsu datte atarashii hikari wa
Nani mo nai yami kara umarerun da
Namida o fuite hora kao o agete
Mouichido koko karaMoko made mo far away
Yume ni mita another place
Sagashi ni dekakeyou mukaikaze ni osarete mo
Ippo zutsu your own pace
Kimi rashiku face to face
Long slow distance aruiteikou
Shinjite better dayBetter day, better day, better day
Better day, better day, netter dayMachigaidarake no chizu nante
Jibun no te de kakikaereba ii
Doko e mukau ka wa, bokura no jiyu
Tokimeku kokoro no mama, a thousand milesDoko made mo far away
Yume ni mita another place
Sagashi ni dekakeyou moshi michi ni mayou toki wa
Hitori janai don’t be afraid
Soba ni iru call my name
Long slow distance issho ni ikou
Shinjite Better dayKotoba wa iranai yo, anymore anymore
Yakusoku no kawari ni te to te o tsunagou
Naite waratte onaji hohaba de, ashita eDoko made mo far away
Yume ni mita another place
Sagashi ni dekakeyou mukaikaze ni osarete mo
Ippo zutsu your own pace
Kimi rashiku face to face
Long slow distance aruiteikou
Shinjite better dayBetter day, better day, better day
Haa, better day.""Yuta pasti marah kalo gue nyanyiin lagu ini, hehe. Iya maaf dong, Yut. Itu aja dari gue, masih banyak yang pengen gue sampein tapi videonya udah panjang banget. Terima kasih banyak, dan maaf gue ucapin untuk semuanya. Sampai jumpa lagi."
•
Sesak, cuma itu yang bisa Jaehyun rasain sekarang. Dia meluk Jaejoong erat setelah nonton video yang ada di handphone Doyoung, nangis tersedu-sedu di pundak sang mama.
"Doyoung, ma, Doyoung—hiks! Ma, Doyoung pergi, Doyoung nyusul temen-temen yang lain..."
Jaehyun akui dia emang lemah, lemah banget. Dia nangis, nangis, dan cuma bisa nangis. Ini semua terlampau menyakitkan buat dia, kelewat mati rasa.
Jaejoong ngangguk pelan, "Doyoung pergi, Jae. Ikhlasin dia, ya? Kamu mau Doyoung bahagia, kan?"
Jaehyun ngangguk, tapi setelahnya ngegeleng. "Jaehyun gamau dia bahagia tanpa Jaehyun, ma. Jaehyun mau egois, Jaehyun mau jadi pendosa dan marah ke Tuhan trus nanya kenapa dia manggil Doyoung secepet ini."
Pintu ruangan kebuka, dan keluarlah sang dokter dari sana. Sontak, semuanya ngerubungin dokter itu untuk minta keterangan.
"Seperti yang kita tau, dia mendapatkan banyak tembakan. Banyak organ tubuh yang rusak, pun pasien banyak kehilangan darah. Maaf, dan kami turut berduka cita atas kepergian tuan Doyoung."
Pertahanan Jaehyun untuk jadi orang yang kuat dan hebat, seketika runtuh. Jaehyun jatuh terduduk, bahkan ga sanggup ngedongakin kepalanya hanya untuk sekedar nerima kenyataan bahwa kesayangannya, Jung Doyoung, telah pergi untuk selamanya.
•
•
•
KAMU SEDANG MEMBACA
[4] Care
Fanfiction[Angst, Romance, Married Life] "Semuanya akan baik-baik aja. Baik dia anak kita atau bukan, kita harus tetep ngasih apa yang sepantasnya dia dapatkan." -Doyoung • Completed • Tetralogy of Comfortable's • BxB / Yaoi / Homo / Gay • Bahasa non-baku • H...