94. Kepergian Doyoung

714 19 14
                                    

2 hari setelahnya, tepatnya di tanggal 24 Oktober 2020—jenazah Doyoung dimakamkan di pemakaman yang sama, tempat dimana temen-temennya di makamkan.

Setelah semua orang yang dateng ke pemakaman itu berdoa, mereka pamit dan pergi. Yang tersisa, Jaehyun dan Johnny serta temen-temen Doyoung bersama anak-anak mereka.

"Jahat banget ya lo, ninggalin kami pas kami mau ulang tahun. Sumpah, Young, lo ngejadiin ulang tahun gue suram banget," keluh Yuta dengan nada bercanda, tangannya melingkar di pinggang Winwin dan di tengah-tengah mereka ada Jyoin yang belum selesai sama tangisannya.

"Gue heran sama lo. Kenapa sih lo menyerah secepat ini, hah? Mana janji lo buat selalu ada buat kita?" ketus Chihoon, ngerasa sedikit engga terima dengan kepergian Doyoung.

Eunwoo ngusap lembut surai Hansoo dari atas, "Anak-anak juga bakal kangen banget sama lo, bukan kami aja. Lo tega ya, ngebiarin kami nanggung rindu yang tak terbalaskan selamanya? Jahat banget lo."

"Denger kan, sayang? Kamu itu jahat, jahat banget. Kamu jahat karena kamu udah ngorbanin nyawa kamu cuma untuk balas dendam konyol kaya gitu, kamu bodoh," imbuh Jaehyun kesel.

"Mommy, we'll miss you. Jeyo belum bisa jadi anak baik, belum bisa ngebanggain mommy. Tapi Jeyo janji, Jeyo bakal bikin daddy dan daddy John bangga. Iya kan, kak Jay?" ucapnya seraya nyenggol lengan sang kakak.

"Iya, mommy. Jayden sekarang udah ga punya mommy lagi, mama juga udah pergi duluan. Jangan bilang kalian janjian? Kenapa sih ga ketemuan di tempat yang lebih waras aja?" protesnya, lalu ngelengkungin bibirnya kebawah. "Jayden sayang mommy Doie, sayang banget."

Jayden udah tau kalo Althea meninggal. Reaksi anak itu bener-bener mengkhawatirkan karena berita kematian keduanya berdekatan, jadi tumpang tindih. Tapi tanpa di sangka, Jayden berhasil ngendaliin emosinya dengan baik. Untuk anak umur 5 tahun, masih bisa dibilang jarang.

"Young, cukup ya? Cukupin sampe disini aja. Air mata, penderitaan, beban, udah cukup sampe disini. Janji ke kita kalo lo bakal bahagia disana sama yang lain, okay? Gue tau, gue masih bandel walau udah jadi bujang lapuk—tapi gue tetep sayang sama lo sampe tua nanti," ujar Mark pelan, lalu ngehela napasnya.

Johnny terkekeh kecil untuk ngerespon Mark. Lalu, dia sendiri nyampein apa yang mau dia sampein ke Doyoung. "Kamu akan selalu jadi yang pertama, Doyoung. Aku bakal ngejalanin permintaan kamu, aku janji. Aku akan berusaha untuk ngebahagiain semua orang, sama seperti yang kamu lakukan. Buat yang terakhir, makasih banyak karena udah pernah hadir dan singgah, Doyoung. Rest in peace, we love you so much."

"Young, makasih banyak karena udah jadi orang yang kuat selama ini. Perjuangan lo bener-bener nyata, lo seharusnya dapet penghargaan atas itu. Semoga Tuhan ngasih apa yang sepantasnya lo dapetin disana, Doyoung. Percaya, sampe kapanpun, lo bakal jadi sahabat kita dan kita sayang sama lo, selamanya," timpal Taeyong.

Winwin ngangguk setuju, "Bener, Doyoung. Gue usir lo ke surga, carilah kebahagiaan disana. Semoga kita bisa ketemu lagi, ya? Gue ga akan pernah nemuin orang secerewet lo, sebaik lo, se-se apalah yang lain yang cuma ada di diri lo itu. Makasih banyak, Doyoung."

Mereka semua berdiri setelah selesai dengan keluh kesah mereka. Mereka memutuskan untuk pulang karena udah berdiam diri cukup lama disana. Kasian juga anak-anak, mereka pasti masih sedih dan perlu hiburan. Para orang tua ngajak mereka untuk makan siang dulu, lalu pergi ke mall untuk nyari hiburan—ke arena bermain anak. Walau lelah, perasaan itu sirna ketika ngeliat anak-anak mereka bisa senyum dan ketawa lagi.

Memang seharusnya begini. Jangan nangis, jangan bikin langkah Doyoung makin berat. Berbahagialah, meski tanpa sosoknya lagi.



[4] CareTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang