Bab 30

455 31 2
                                    

Novel Pinellia

Bab 30

matikan lampu kecil sedang besar

Bab Sebelumnya: Bab 29

Bab Selanjutnya: Bab 31

    “Apa itu?”

    Setelah melihat sekilas label dengan huruf merah dengan latar belakang kuning, pejabat Jiachao merasa ngeri dan tidak bisa mengendalikan suaranya, hampir berteriak, “Garam?!” Namun, tidak ada

    seorang pun di tempat kejadian yang peduli. kesalahannya Mereka tidak berani memalingkan muka sejenak, dan benda-benda yang diletakkan di laci kaca dengan kuat menahan pandangan mereka — warnanya seputih salju, halus dan halus, tanpa warna beraneka ragam.

    Pejabat itu tercengang, dan langsung teringat garam kasar yang mahal di rumah. Bukan hanya warnanya kusam dan kuning, tapi rasanya juga kasar dan pahit. Saya dengar ada sejenis garam halus, yang sehalus pasir. , asin dan sedikit manis, tapi itu hanya untuk keluarga kerajaan, orang biasa bahkan belum pernah melihatnya seumur hidup!

    Apakah ini garam Cina?

    Kata-katanya tersangkut di tenggorokannya sejenak.

    ——Taburan garam halus itu seperti bubuk perak, bersinar dengan kecemerlangan yang paling menawan dan menyihir, yang menjadi pemandangan paling tak terhapuskan dalam ingatannya.

    Faktanya, bahkan di Tiongkok, sebelum pemerintahan feodal lebih dari 2.000 tahun berakhir, garam adalah monopoli milik negara, dan pernah dalam sejarah Tiongkok, bersama dengan besi, dan menduduki posisi yang sangat penting selama lebih dari 2.000 tahun. bertahun-tahun.

    Garam adalah bahan strategis yang sangat penting, karena memakannya dapat melengkapi tubuh dengan natrium, menjaga kekuatan fisik, dan pada saat yang sama juga dapat memperpanjang umur simpan makanan, jadi garam adalah hal yang paling diperlukan selama perang.

    Ada juga berbagai jenis garam, kebanyakan garam laut dan garam batu, dan ada juga sejenis garam beracun, yang diekstraksi dari garam yang mengandung nitrat, rasanya pahit dan tidak enak.

    Pada Dinasti Tang, periode paling makmur di Tiongkok, harga garam tetap tinggi. Garam halus digunakan secara eksklusif oleh pangeran dan bangsawan. Bahkan ketika Tang Taizong memimpin pasukannya untuk pergi keluar, para prajurit tidak mampu menggunakan garam. Mereka sering hanya membawa sepotong kain cuka. Ketika mereka menggunakannya, mereka memotong sepotong. dan rebus dalam air.

    Baru pada tahun 1980-an dan 1990-an garam halus benar-benar masuk ke dalam ribuan rumah tangga dan menjadi kebutuhan paling umum di mata orang awam.

    Terlihat bahwa perkembangan garam juga mengalami kesulitan, apalagi Dinasti Jia yang menyerupai Dinasti Utara dan Selatan, bahkan sebelumnya mereka takjub saat melihat makanan yang dimasak tersebut.

    Karena bagi masyarakat zaman sekarang, panci besi cor saja sudah mewah, apalagi memasak, bahkan banyak orang yang menyajikan mangkuk sambil menonton layar untuk makan, yang agak mirip dengan makan dan penyiaran modern.Namun, netizen modern dapat memesan takeaway dan makan apa pun yang mereka inginkan, dan orang-orang Jiachao tidak punya pilihan.

    Harga garam di Dinasti Jia adalah satu hingga dua ratus yuan! Ini setara dengan 0,1 kati dan seratus yuan.

    Setelah melihat harga garam di Huaxia, semua orang tersentak—garam, dua yuan per kati!

    Anda dapat membeli satu kati garam hanya dengan dua sen!

    Orang-orang yang terbiasa dengan dampak yang diberikan Huaxia kepada mereka, bahkan merasa mati rasa, terhuyung-huyung, bahkan ada yang tidak bisa berdiri dengan kokoh.

✔ Setelah selir kekaisaran kembali ke zaman modern, dia menampar wajahnya secaraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang