Chi Yunzheng benar-benar mempertimbangkannya, tetapi sekarang masalah Nn. Zhao belum terselesaikan, dia tidak ingin memikirkannya untuk saat ini.
"Saya cukup banyak mengenal orang-orand di Kabupaten Qingxi, jika Dr.Chi membutuhkan sesuatu di masa depan, beri tahu saya kapan saja."
“Baiklah, kalau begitu saya akan merepotkan anda, Nyonya.” Chi Yunzheng tidak sopan dan menerima kebaikan Nyonya Chen.
Dia tidak tahu apa yang dikatakan Chen Tan dan Ji Junqing. Chi Yunzheng awalnya berpikir bahwa dia hanya akan menunggu sebentar, tetapi dia tidak menyangka bahwa dia harus menunggu hampir dua jam. Saat mereka berpamitan dengan Chen Tan dan istrinya, mereka tidak keluar melalui pintu depan kantor pemerintah, melainkan melalui pintu belakang.
Sampai Chi Yunzheng dan Ji Junqing pergi, Chen Tan tidak menyebutkan apa yang harus dilakukan terhadap orang-orang yang meninggal malam itu.
Dalam perjalanan pulang, Ji Junqing bertanya kepada Chi Yunzheng, "Nyonya, kamu mengatakan sebelumnya bahwa penisilin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengurangi kemungkinan kematian akibat demam. Jika obat ini di gunakan pada para prajurit yang terluka di medan perang, apakah akan efektif?"
Chi Yunzheng meliriknya dan tidak bisa menahan tawa. "Kamu sangat pintar."
Penisilin banyak digunakan di medan perang sejak awal. Ji Junqing benar-benar memikirkannya bahkan sebelum dia menyebutkannya.
“Jika penisilin di gunakan di medan perang, itu bukan hanya akan menjadi obat biasa. Penisilin lebih dari sekedar obat, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa ini adalah obat ajaib.”
"Tentara di medan perang sering terluka dan meninggal, sebagian besar karena infeksi bakteri pada luka, yang pada akhirnya menyebabkan demam tinggi. Penisilin dapat melawan infeksi bakteri, sehingga sangat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup tentara yang terluka."
Dia menjelaskan secara singkat keefektifan penisilin kepada Ji Junqing. Ji Junqing menyipitkan matanya dan menyadari betapa luar biasa penisilin ini.
“Nyonya, apakah kamu sudah memberi tahu seseorang tentang hal ini?” Ji Junqing bertanya kepada Chi Yunzheng dengan lebih serius.
Chi Yunzheng terkejut dan menyadari apa yang dikhawatirkan Ji Junqing. Kehadirannya saja bisa menjadi masalah di zaman kuno. Jika efektivitas penisilin menyebar dan orang lain mengetahui efektivitasnya, akan terjadi perkelahian dan situasi Chi Yunzheng akan menjadi berbahaya.
Chi Yunzheng tidak mempertimbangkan hal ini sebelumnya, tetapi sekarang dia tidak bisa menahan keringat dingin setelah menyadarinya. Jebakan macam apa yang hampir tidak sengaja dia buat untuk dirinya sendiri?
“Saat ini, hanya kamu, Nona Zhao, dan Nyonya Chen yang mengetahuinya.” Chi Yunzheng berkata, dan menambahkan. “Tetapi aku hanya memberi tahu Nona Zhao dan Nyonya Chen bahwa itu dapat menyembuhkan penyakit Hualiu, aku tidak pernah menyebutkan efek lainnya."
Ji Junqing merenung sejenak, "Oke, tolong jangan sebutkan hal ini kepada siapapun lagi kecuali aku. Mulai sekarang, kata "penisilin" hanya akan digunakan untuk mengobati penyakit hualiu, dan akan memiliki nama berbeda di medan perang."
Chi Yunzheng mengangguk dan tidak keberatan sama sekali. Lebih baik dikatakan hanya bisa mengobati penyakit Hualiu, dengan begitu tidak akan menimbulkan keributan antar semua pihak! Namun jika digunakan di medan perang, ini tidak ada bedanya dengan seorang anak kecil yang mencoba melewati kota yang ramai dengan membawa emas.
“Nyonya, mengapa kamu tidak bertanya, kenapa aku tiba-tiba menyebutkan medan perang?” Ji Junqing bertanya.
Chi Yunzheng menggelengkan kepalanya, "Aku pikir kamu hanya mengatakannya dengan santai."
Pada hari kerja, ketika dia dan Ji Junqing mengobrol, mereka selalu membicarakan segala hal, jadi dia tidak terlalu memikirkannya.
Nada suara Ji Junqing menjadi lebih serius, dia merendahkan suaranya dan berkata kepada Chi Yunzheng. "Chen Tan menerima pesan rahasia. Bagian barat laut akhir-akhir ini tidak stabil, sering terjadi perselisihan antara ketiga raja, dan ada orang barbar yang mengganggu perbatasan dari waktu ke waktu."
Dia menghela nafas dan berkata dengan nada mengejek. "Segala sesuatu di Dakang tampaknya baik-baik saja sekarang, seperti kapal yang bergerak maju dengan mantap. Faktanya, kapal sudah dalam kekacauan di dalam, dan di luar juga sedang terjadi badai, jika tidak hati-hati akan jatuh ke dasar lautan."
Sungguh konyol Ibu Suri masih tetap mengincarnya, karena takut dia akan kembali ke ibukota untuk memperebutkan kekuasaan bersamanya.
Chen Tan sudah menerima surat itu setengah bulan yang lalu, tapi belum di kirim ke ibukota. Alasannya adalah dia merasa Ibu Suri tidak bisa diandalkan, dan mereka pasti akan mempertanyakan surat yang dia kirim. Karena dia berada di Kabupaten Qingxi, Fuzhou. Bagaimana dia bisa mendapatkan berita tentang Tentara Barat Laut yang jauhnya ribuan mil darinya?
Dia khawatir hal itu tidak hanya akan membuatnya gagal memberikan kontribusi besar, tetapi juga akan menimbulkan masalah bagi diri sendiri. Kedatangan Ji Junqing merupakan kejutan bagi Chen Tan, jadi dia tidak sabar untuk pindah ke kamp Ji Junqing.
“Ngomong-ngomong, Dakang sudah bertahun-tahun tidak berperang, kan?” tanya Chi Yunzheng.
Ji Junqing mengangguk, "Pertempuran besar sudah terjadi sepuluh tahun yang lalu. Kadang-kadang terjadi gesekan kecil di perbatasan, tetapi karena kekuatan Dakang, mereka hanya berani memprovokasi dan tidak berani masuk lebih jauh."
Saat mereka berbicara, mereka berdua hampir mencapai pintu masuk desa. Sambil berjalan, mereka dapat melihat padi yang ditanam di lahan pertanian dekat desa, bersinar dengan warna keemasan muda, dan beriak oleh angin, seperti gelombang laut.
Melihat Chi Yunzheng menatap sawah, Ji Junqing mengira dia tertarik dengan sawah dan berkata dengan santai. "Dalam setengah bulan, padi ini akan dipanen."
Sekarang sudah hampir bulan Juli, yang sebenarnya cukup terlambat pada tahun ini jika dilihat dari waktu panen tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja para petani mengandalkan cuaca untuk bertani sejak zaman dahulu. Jika cuaca bagus, semua orang akan bekerja lebih awal dan pulang terlambat. Meskipun para petani juga mengeluh dengan cuaca yang ada, mereka juga tidak bisa mengendalikannya. Bagaimana hasil panen di ladang dipanen dan kapan bisa dipanen, semuanya bergantung pada cuaca.
“Apakah menurutmu tahun ini tidak terlalu panas?” Chi Yunzheng tiba-tiba bertanya pada Ji Junqing.
Saat dia pertama kali tiba di zaman ini, saat itu hampir akhir musim panas, dan cuaca menjadi lebih sejuk, jadi masih normal. Namun tahun ini, saat musim panas tiba, Chi Yunzheng tidak merasakan betapa panasnya cuaca. Terkadang dia jarang berkeringat bahkan setelah berlari keluar sepanjang hari.
Ji Junqing adalah penduduk asli, dia bisa merasakan perubahan suhu lebih cepat daripada Chi Yunzheng. Setelah memikirkan dengan cermat tentang suhu di tahun-tahun sebelumnya, Ji Junqing berkata dengan ragu. "Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tampaknya tahun ini lebih dingin."
“Jika memang begitu, ini bukanlah hal yang baik.”
Telinga tajam Ji Junqing dengan cepat menangkap perkataan Chi Yunzheng.
“Apa maksudmu, Nyonya?” Ji Junqing bertanya.
Chi Yunzheng terdiam beberapa saat, lalu menjelaskan. "Jika cuaca semakin dingin, tanaman akan tumbuh lebih lambat, dan padi yang dapat dipanen dalam dua musim pada tahun-tahun sebelumnya, hanya dapat dipanen dalam satu musim."
Saat dia mengatakan ini, Ji Junqing sudah memahami kekhawatiran yang tersembunyi di hatinya. Akibat dari berkurangnya produksi tanaman adalah harga pangan naik, dan masyarakat yang tidak mampu makan akan menderita kelaparan. Jika terjadi kelaparan maka akan terjadi bencana, jika bencana terjadi dimana-mana maka kekuatan negara akan tidak stabil.
“Lagipula, menurutku cuaca ini tidak hanya akan berdampak pada Dakang, tapi juga padang rumput di luar Tembok Besar,” tambah Chi Yunzheng.
KAMU SEDANG MEMBACA
DOKTER ILAHI CHI..YANG MULIA TOLONG SUJUD (PART 2)
Fiction HistoriquePart 2 Di mulai dari Bab 201.. yah readers ^__^ part 1 bisa di search dengan Judul yang sama