Happy Reading :)
"Gue udah wudhu lo ajakin gibah, bener-bener ga ada akhlak," ucap Yerin sambil gelar sajadah di mushola sekolah. Joy malah ngajak gibah.
Setelah sholat jamaah di mushola sekolah. Yerin sama Joy jalan lewat lorong sepi belakang yang tembusnya kantin. Joy mengaduh waktu telapak kakinya ketusuk pecahan beling dan dia duduk di sana. "Sakit coy."
"Bentar-bentar." Joy pencetin biar keluar. Dan ya, untung aja keluar. Mereka lanjut lagi buat jalan ke kantin.
Dari belakang mereka disambar Yohan yang lari-lari kayak dikejar ibu kos. Untung aja nggak sampe muter kesambarnya, kayak di film film.
"Ga ngerti gue mah sama Yohan," komen Joy sambil ngelus dadanya, dia kaget.
Minggu depan pemilihan ketua osis baru. Dan Yerin mau turun jabatan. Kandidatnya cogan semua, nggak tau gimana itu nasib adek kelas 10 yang bakal histeris. Biasa anak baru kalo lihat cogan. Mana di SMA Nusantara wajahnya pada glowing semua.
"Ck! Bosen gue ketemu lo lagi," ucap Joy pas dia ketemu Rowoon di sana.
"Gue juga bosen, tapi kalo ada Yerin ga jadi bosen," lirik Rowoon ke Yerin yang natap dia datar.
"Oh gitu ya," balas Yerin seadanya.
Dari belakang Seungyoun lewat. Untung aja dia nggak denger obrolan Rowoon sama dua cewek yang lagi rusuh gara-gara gorengan yang panas.
"Eh ada mamak," ucap Joy pas Jihyo dateng dan masuk ke dalem lapak kantin. Dia lagi milih-milih nasi bungkus. Diikuti Yuqi yang ada di belakang Jihyo. "Traktir, Mak."
"Ga ada ga ada, traktir budhe lu aja. Banyak duit dia," suruh Jihyo. Tau aja Jennie lagi banyak duit gara-gara terbitin novelnya. Ya, walaupun cuma dapet 15% dari hasil penjualan, karena terbit di penerbit mayor. Mau selfpublish, biar pendapatan punya Jennie semua dan dia juga udah ada uang buat percetakan. Cuma, kebetulan waktu itu ada penerbit mayor yang kepincut. Kesempatan itu masa di sia-sia kan. Kata Jennie, bukunya bakal masuk gramedia. Setelah nanti selesai PO.
Kalo kata Jennie kalo mau nerbitin buku lewat wattpad, tapi pengikut atau pembaca masih sedikit, mendingan di penerbit mayor, ya walaupun nanti cuma dapat 15% atau cuma beberapa persen dari penjualan buku. Dan kalau di penerbit mayor, buku bakalan dipromosiin di sana, dan kita tinggal terima jadi. Tapi, kalo mau promosi probadi juga bisa. Tanpa, kasih modal dan ngurus percetakan, semua udah diurus sama penerbit itu. Dan penerbit mayor itu biasanya udah punya perusahaan sendiri.
Tapi, kalau misal pengikut dan pembaca udah banyak. Bisa selfpublish. Jadi, nanti bisa kirim cover dan modal untuk percetakan. Penerbit hanya mencetak, dan hasil penjualan semua diterima oleh penulis. Kalau kata Jennie, misal pengikut atau pembaca kalian dikit, jangan coba-coba selfpublish, kalau nggak ada yang beli kalian bisa rugi. Modal sama pendapatan bisa nggak seimbang. Dan novel selfpublish nggak akan masuk gramedia atau toko buku. Karena, kalian bakal promosiin sendiri tanpa bantuan penerbit.
(Itu setau aku. Kalau ada yang salah bisa dikoreksi. Dan bagi yang mau terbitin buku bisa tuh di baca, kalo kurang paham cari google, siapa tau ada yang salah sama penjelasan di atas.)
Yerin sama Joy balik ke kelas setelah ngerusuhin lapak kantin. Pas lewat lapangan, mereka lari. Panas telapak kakinya. Ya, mereka nggak pake sepatu, karena habis sholat, sepatu ada di kelas. Tapi, nanti kalo udah sampe kelas dipake kok.
***
Yerin senyum ke arah Nina yang duduk di depan tv sambil liatin tv. Yerin masuk ke kamar dulu buat ganti baju. Seungyoun juga udah pulang, tapi dia nanti aja. Dan dia lagi sama Nina. Yerin turun dan lihat interaksi mereka yang lagi ketawa lihat apaan di hp Seungyoun, Yerin nggak tau.
Yerin jalan ke dapur buat masak beberapa makanan di sana. Tapi, dia ngernyitin dahi pas pisau di dalam laci pada keluar semua. Tanpa pikir panjang dia beresin dan lanjutin masaknya.
Setelah beberapa menit, Yerin panggil Seungyoun sama Nina buat makan. Nina sempet kontak mata sama Yerin dan dia nunduk. Yerin senyum, dia berpikiran. Nina nggak bakal ngelakuin itu. Wajah Nina nggak kayak orang jahat. Yerin, yakin Nina orang baik.
"Kamu ganti baju dulu sana," suruh Yerin ke Seungyoun. Seungyoun ngangguk dan ganti baju.
"Kenapa ga ambil?" tanya Yerin pas lihat Nina diem aja. Yerin ambilin nasi buat Nina dan beberapa lauk di sana.
"Dimakan ya," suruh Yerin. Nina ngangguk. Yerin masuk ke dapur dulu buat ambil minum. Di sana, Nina keluarin sesuatu dan naruh ks piring.
Habis dari dapur, Yerin keluar.
Seungyoun udah keluar dan dia ikutan gabung makan di sana.
"Gimana enak gak?" tanya Yerin ke Seungyoun. Seungyoun ngangguk.
"Uhuk!" Nina batuk dan Yerin langsung nyodorin gelas. Nina masukin jari ke dalam mulut dan pecahan beling keluar dari sana.
Nina tunjukin itu ke Seungyoun. Yerin mendelik.
"Kamu gimana, Yer? Apa nggak kamu teliti dulu? Kalo misal Nina kenapa-napa gimana?" tanya Seungyoun.
"Tapi, tadi aku udah teliti ga ada beling, Youn. Aku berani sumpah," ucap Yerin.
Seungyoun berdiri dan gandeng Nina keluar apartement. Yerin natap Seungyoun lama. Dia hembusin napas.
Yerin ngecek masakannya lagi. Dia yakin, dia nggak ada lihat beling sama sekali. Dan ya, nggak ada beling di sana. Pas Yerin sajiin ke Nina juga dia nggak lihat pecahan beling.
"Kenapa bisa ada? Aku yakin ga ada tadi," gumam Yerin.
Di sisi lain...
"Kita makan diluar aja. Takutnya nanti kamu kenapa-napa kalo makan masakan Yerin," ucap Seungyoun.
Nina ngangguk, dan dia nunduk habis itu narik satu sudut bibir ke atas—
"Ini baru rencana awal, jadi jangan kaget dulu."
***
TBC...Sebenernya aku mau jelasin kalian tentang penerbit indie di atas. Tapi, ga tau kenapa mendadak lupa penjelasan tentang penerbit indie.. Hhh... Tapi, penerbit indie agak mirip" sama selfpublish.
Oke, gitu aja...
- Dayna
KAMU SEDANG MEMBACA
Nikah Muda [Vol. 1] ✓
Fanfiction[END] "Gara - gara TOD Hangyul, gue beneran nikah sama ketos galak." "Sekali kamu pacaran, penghulu papa panggil!" Bagaimana jika TOD membuat hidup seorang Galaksian Seungyoun Adiyasa berubah 180 derajat dan terpaksa menikahi ketua osis yang merup...