Si cowok ganteng sekarang sedang tertawa terbahak-bahak persis di hadapan gue. Sementara Pakdhe mengerutkan alis sambil menatap gue dengan ekspresi jijik. Gue hanya mematung di hadapan mereka berdua, yang akhirnya makan semeja sama gue.
Iya, gue akhirnya dipanggil sama si cowok, karena dia bilang ke Pakdhe dia ketemu temen baru. Tentu saja bos gue itu kenal siapa temen barunya, dan langsung memanggil gue buat makan bareng. Lambe turah gue nggak bisa dikontrol, tadi langsung nanya blak-blakan ke Pakdhe.
'Mas, cowok ini ... pacar Mas?'
Dan gue langsung disambut tawa si cowok dan tatapan jijik Pakdhe ke gue. Gue agak bingung melihat ekspresi mereka, emang dimana lucunya pertanyaan gue? Gue kan cuma nanya, emangnya salah kalau gue nanya gitu ke orang yang habis pelukan dan ciuman pipi?
"Gue nggak ngerti harus ngomong apa." Pakdhe geleng-geleng kepala sambil mulai memisahkan kulit ayam dari dagingnya. Biasa kalo lu suka kulitnya kan emang dipisahin dulu ya. Dimakan terakhir. "Bisa-bisanya lu mikir gue begitu."
"Yah, kan saya nggak tahu, Mas. Saya liatnya ada cowok tiba-tiba nyium pipi Mas Tion!" gue membela diri, yang membuat si cowok ganteng makin keras tertawa.
Si ganteng tiba-tiba menepuk pundak gue. "Bentar-bentar, sebelum kesalahpahaman lu makin jadi, gue mau kasih tau lu sesuatu."
"Apa?"
"Gue cewek."
"HAH?"
"Dan dia bukan pacar gue." selak Pakdhe dengan mulut yang penuh ayam goreng. "Dia Gaput, keponakan gue yang gue bilang tadi pagi."
"HAH???"
Kayaknya detik ini mata gue udah mencolot keluar. Ketawa Gaput makin keras, dia sampe tepuk tangan kayak nonton srimulat. Sementara Pakdhe makin mendengus kesal liat ekspresi bloon gue.
"Kenalin, maapin yak gue lupa kenalan sama lu tadi." Gaput mengulurkan tangan di sela-sela ketawanya. "Gue Gaput. Gadis Putri Cantika, marga Nasution. Ponakan Om Miko."
Gue menyambut uluran tangan Gaput dengan kepala yang mendadak pusing. Macem-macem rasanya. Bingung, kesel karena tolol, malu, sama nggak enak ke bos gue campur jadi satu. "Tasha. Natasha Andriana, bawahan Mas Tion di kantor ... sorry ya Gaput, gue nggak maksud nuduh lu yang nggak-nggak ..."
"It's okay. Always happen." ia tertawa. "Now you know kenapa gue dipanggil Gaput, bukan Gadis."
Sumpah gue nggak bohong. Kalau nggak diceritain, kayaknya gue nggak bakalan ngeh kalau Gaput ini cewek. Soalnya dia bener-bener seganteng itu, bahkan cara makannya juga kayak cowok. Dan suaranya beneran mirip cowok - cuma versi agak cempreng.
Lagian Pakdhe ngasih tau namanya juga ambigu, sih. Gadis Putri Cantika. Ketiga suku kata yang mau diliat dari arah manapun kesannya feminin semua. Mana ada gue bakal ngebayangin pemilik namanya ternyata seganteng dan semaskulin si Gaput!
"Gue kan udah bilang, Put. Dandanan lu ganti tuh, jadi agak cewek sedikit. Itu jaket motor lu, kasih aja ke orang. Kasih ke Om juga kaga ape-ape." sahut Pakdhe sambil sibuk mengunyah, "Emang lu nggak capek dikira ojek pengkolan mulu?"
"Yeu ... enak aje. Pan ini emang jaket buat gue bawa motor."
"Udah, ganti aja motor lu pake motor biasa. Om beliin, deh. Lagi mana ada sih cewek bawa-bawa motor balap begitu."
"Eh, ada. Gue. Ponakan lu." Gaput mencubit pipi Pakdhe yang menggembung karena ayam goreng. "Udah deh, Om nggak ngerti pergaulan anak jaman sekarang. Sekarang tuh lagi ngetren namanya cegan, cewek ganteng. Sekarang malah jadi idola tau, Om. Makanya nggak usah banyakan cerewet. Makan mah makan aja."
KAMU SEDANG MEMBACA
Pakdhe!
ChickLitKalau kata Raditya Dika, manusia di dunia itu cuma bisa punya dua diantara tiga kelebihan : 'cakep', 'pinter', atau 'waras'. Bos gue di kantor, alias Mas Tion, alias Pakdhe, hanya punya kelebihan 'cakep' dan 'pintar'. Artinya, dia sinting, annoying...