82 - Grow up, Natasha!

3.3K 394 15
                                    

Author's note:

Episode kali ini bukan cinta-cinta atau galau-galauan. Episode ini cerita dewasa.

Dewasanya dewasa beneran, bagian pusingnya wkwk. Agak berat karena ngomongin pertimbangan resign (based on real life experience dari temen-temen wkwk). Jadi sambil ngemil aja ya.

Dedec-dedec yang belom kerja atau masih kerja awal-awal, silakan menyimak curhatan tante Tasha ya. Jangan ikut pusing dulu, perjalanan masih jauh 😂 Tapi kelak akan tiba masanya wkwkwk.

Sekali lagi, author pengen bikin cerita ini realistis. Nggak semua hari isinya adalah pelangi dan unicorn.

Enjoy (or not)!

***

Saran Pakdhe bagus banget. Gue mengajukan cuti dua minggu, dan langsung di-approve bos gue tanpa basa-basi. Satu yang gue suka dari kantor gue, pengajuan cutinya lewat sistem. Jadi gue nggak perlu ketemu Pakdhe lagi buat ngajuin cuti.

Lu tahu? Gue mengikuti hobi Pakdhe yang dulu gue bilang aneh. Hobi dia yang jalan-jalan sendirian, bengong ngeliatin lingkungan hidup. Gue baru sadar sekarang, ternyata hobinya nggak seaneh itu. Buktinya, gue ngelakuin itu sekarang.

Dan ternyata asik banget! Menurut gue, semua orang di dunia ini akan jadi Pakdhe pada waktunya.

Gue ngabisin cuti gue dengan solo travelling, sesuatu yang gue dari dulu pengen lakuin tapi takut. Destinasi gue ke Jogja dan Bandung, backpacker-an sendirian, nginep beberapa hari. Gue setiap hari jalan ke tempat-tempat random - yang kadang bagus kadang zonk, tempat kuliner, sama berhubungan dengan banyak orang karena gue naik kendaraan umum yang perlu nanya-nanya.

Lewat solo travelling, gue juga jadi belajar banyak hal. Gue mengamati banyak orang sepanjang perjalanan. Ada cerita abang ojol yang ngeluh soal susahnya naikin minimum rate di daerahnya, padahal anaknya lagi sakit. Ada penjual makanan yang dulunya sarjana tapi nggak dapet-dapet kerja. Ada juga karyawan toko yang sebenernya dia udah lama pengen resign, tapi kepepet karena hutang orangtuanya yang harus dibayar.

Banyak orang gue lihat. Dari muda-mudi yang masih pacaran sampe yang lagi berantem. Ada suami istri yang masih harmonis di masa tua, ada banyak sosok bapak yang banting tulang buat keluarganya, banyak juga ibu-ibu yang terpaksa kerja sambil bawa anaknya demi dapet duit di terminal.

Gue agak amazed melihat banyak kehidupan manusia yang belum pernah gue tau sebelumnya. Karena selama ini kehidupan gue cuma seputar Jakarta aja, dan lingkungan gue itu-itu aja.

Liburan selama dua minggu itu gue bener-bener full belajar mindset baru. Sendirian. Nggak ada urusan kantor, dan nggak ada tentang kehidupan kerja di Jakarta. Itu bener-bener membantu gue berdamai sama perasaan gue ke Pakdhe. Masih sakit, tapi udah jauh lebih kuat.

Yah, gue jadi ngerti. Dewasa itu emang proses tentang kita jadi kuat dan bijak, termasuk proses untuk menerima patah hati.

***

Gue tetep kepikiran mau resign kok.

Gue udah ngelamar di perusahaan start-up dan beberapa perusahaan terkenal lewat online. Meskipun memang belum tentu ditolak, tapi saingan gue gila banget. Isinya lulusan kampus ternama dan lulusan luar negeri, banyak yang sama-sama dari kantor konsultan juga tapi lebih canggih.

Mungkin lu bilang, ah, kan kemampuan nggak diukur dari CV. Nanti buktiin aja di tesnya.

Gue kasih tahu pengalaman gue. Sayangnya, kalau di perusahaan besar dan nggak punya rekomendasi dari kenalan, nyatanya CV ngaruh banget. Lulusan kampus apa, IPK, pengalaman kerja yang lu cantumin di CV, semua ngaruh. Bukan HRDnya ngejudge, tapi memang itu saringan pertamanya, dari sekian ribu lamaran yang masuk.

Pakdhe!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang