Apakah lu semua berpikir setelah kelakuan-kelakuan Pakdhe kemarin, pria itu kemudian jadi lebih manis ke gue?
Tidak ada, dong. Hubungan gue sama Pakdhe itu dari awal udah kayak kopi starling ketetesan keringet. Rasa dominannya pahit sama asem, manisnya sebenernya kadang-kadang doang. Di dunia profesi kami, gue masih tetep jadi samsak omelannya.
BRAK!
"Lu tuh sebenernya ngerti konsep nggak sih, Sha?!"
Pakdhe menggebuk meja untuk yang ketiga kalinya. Meskipun nggak sekeras biasanya, tapi cukup buat bikin gue gemeter. Di kali ketiga, ia menghela nafas panjang sambil memijat-mijat kepalanya frustrasi. Sementara gue di depannya sudah terisak-isak daritadi, menatap lembaran kertas putih dengan gambar bagan sederhana yang Pakdhe gambar. Gue daritadi lagi dijelasin konsep akuisisi perusahaan, tapi emang dasar otak gue masih pentium 4, penjelasan canggih Pakdhe semuanya bablas angine. Yang masuk ke otak gue cuma angin duduk.
Lu kira Pakdhe melunak liat gue nangis? Oh, tentu tidak. Malah dia makin kesel. Dia memang begitu kalau urusan kerjaan, kalau ngajarin anak-anaknya galak banget. Lu mungkin pernah diajarin nyokap bokap lu, dimarahin sampe frustrasi. Ya, itu Pakdhe kalau ngajarin orang. Nggak peduli lu mau geleng-geleng, guling-guling, nangis-nangis, yang penting lu jadi pinter aja.
Jangan cengeng kalau jadi konsultan, ceunah. Katanya, karena klien bisa lebih kejam lagi, makanya mesti kuat mental.
Kuat mental ndasmu.
"Uban gue nambah satu lagi gara-gara lu. Sejam banget ini gue buat ngajarin lu doang, sabar banget gue, lu nggak ngerti-ngerti daritadi. Emangnya gue guru les SD?! Bayar lu!"
Gue mengusap lagi airmata yang jatuh, tentu dengan kesal. Anak SD mane yang mau diajar guru les kaya lu, yang ada lu langsung diusir sama emaknye!
"Nangis terus aja lu!" gumamnya sinis. "Kalau mau nangis, sambil dikerjain itu workingpaper! Dikira nangis doang bisa kelar? Emang airmata lu punya tangan, bisa ngetik?!"
Anjir, lucu lagi. Tapi karena lagi jengkel, gue berusaha menahan tawa. Yang keluar malah suara tangisan yang makin keras. Ini nangis karena kesel ya, bukan karena sedih. Lu pasti pernah pengen marah, tapi jatohnya malah nangis. Ya, kayak gitu lah.
"Bodo amat. Lu mau nangis sampe ruangan gue jadi empang, jadi akuarium, bodo amat kata gue. Yang penting gue mau lu kelarin itu workingpaper siang ini." Pakdhe mengalihkan pandangannya ke laptopnya sendiri, melanjutkan kerjanya dengan cuek. Meninggalkan gue yang masih terisak-isak, tapi tangan terpaksa aktif bergerak, mencoba menyelesaikan kertas kerja laknat dari Pakdhe. Kurang hebat apalagi gue, nangis sambil nyelesein perhitungan akuisisi.
"Mas."
Pakdhe mendongak ke arah pintu ruangan, bebarengan sama gue yang ikut menoleh, memastikan siapa yang memanggil. Ternyata Mas Danang. Ia berdiri di depan pintu sambil menenteng laptop. Sepertinya mau diskusi dengan Pakdhe.
"Oh, lagi sibuk, ya?" ia melirik ke arah gue yang masih sesenggukan, lalu ke arah Pakdhe sambil agak menahan senyum. "Diomelin lagi, Mas?"
Pandangan Pakdhe balik lagi ke laptop dan melanjutkan kerjaannya. "Susah banget ngajarin anak buah lu. Batu bener jadi anak."
"Konsolidasinya emang susah kali, Mas." gue menggumam.
"Hah? Apa?"
Gue menunduk sambil menghapus lagi airmata gue. "Nggak."
Mas Danang terdengar menghela nafas sambil berdehem pelan. "Jangan galak-galak, Mas. Kasihan si Tasha. Baru kemarin lusa nangis karena diomelin Mas Tion, sekarang dimarahin lagi. Masa bikin nangis orang dua hari sekali, Mas."
KAMU SEDANG MEMBACA
Pakdhe!
ChickLitKalau kata Raditya Dika, manusia di dunia itu cuma bisa punya dua diantara tiga kelebihan : 'cakep', 'pinter', atau 'waras'. Bos gue di kantor, alias Mas Tion, alias Pakdhe, hanya punya kelebihan 'cakep' dan 'pintar'. Artinya, dia sinting, annoying...