69 - GenXyz

3.1K 374 30
                                    

Kita semua tahu kalau Pakdhe itu berasal dari generasi yang berbeda dari gue, atau kebanyakan dari lu.

Iya, dia generasi X. Generasi yang udah besar di era-era pemerintahan orde lama. Seperti keluhan kebanyakan orang generasi X di zaman sekarang, mereka pusing ngadepin generasi-generasi dibawahnya. Apalagi yang namanya generasi Z.

Jangankan dia, gue juga sebenernya agak pusing ngadepin generasi Z. Jaraknya cuma beda berapa tahun dari gue, tapi gilaaa, budayanya kayak udah beda jauh gitu. Lu yang baca, yang punya anak buah gen Z juga pasti pernah tuh keluar omongan macem,

"Gila ya, anak jaman sekarang, dikit-dikit minta pulang! Lembur dikit nagih overtime! Dikit-dikit ngeluh! Etos kerjanya dimana coba, punya mental kok tempe banget sih!"

Nah, lu. Belum sempet gue omongin ke lu, bos gue udah ngedumel duluan. Yang mau gue omongin nggak sefrontal itu sih. Tapi ... ya, kurang lebih intinya sama. Cuma kalau Pakdhe yang ngomong, versi pedes cabe jablay. Jangan baper ya, kan lu tau Pakdhe emang begitu mulutnya.

Ia mengerang kesal di sebelah gue sambil memijit-mijit jidatnya. Ini udah jam sepuluh malam, Hari ini Pakdhe terpaksa request lembur di kantor dan menyeret 'anak-anak' yang masih tersisa di jam itu. Nggak 'anak-anak' deng, 'anak' aja karena gue doang yang tercegat waktu gue ke toilet. Gara-gara gue lagi haid dan ngebet banget ganti pembalut, gue lupa banget slogan pertama hidup gue: jangan ke toilet kalau udah jam pulang. Karena toilet masih keramat sampai sekarang, Pakdhe masih suka ke toilet di jam-jam pulang.

Karena lantai kami waktu itu bukan jadwalnya lembur, kami terpaksa mengungsi ke lantai atas. Lantai atas itu kantor juga, cuma tempatnya tim-tim lain yang biasanya konsultan spesialis industri banking dan lembaga keuangan. Waktu itu cukup ramai dan nggak ada ruangan manajer yang bisa kita pinjem. Jadilah kami berdua lembur di workspace, dimana Pakdhe duduk berbaur sama level-level bawahnya macem staff, senior, dan beberapa manajer yang nggak kebagian tempat lembur juga.

Tentu saja gue harus terbiasa sama lirikan cewek-cewek ke arah makhluk di samping gue. Jenis lirikannya ada dua, pertama - terpesona sama cowok ini, kedua - menghujat upik abu yang berani-beraninya duduk di sampingnya.

Kalau boleh jujur, ya ... gue sebenernya nggak sebel-sebel banget sih lembur berdua sama Pakdhe. Sejak kejadian kemarin, gue akhirnya memutuskan buat coba ngeliat dulu, perasaan gue maunya kemana. Gue memutuskan untuk coba menikmati dulu deg-degan gue sama orang ini. Toh, rasa deg-degannya menyenangkan, bisa puas-puasin ngeliat Pakdhe dan duduk berdua di sebelahnya begini.

Gue jadi norak ya? Ah, kan emang dari dulu. Gue udah capek lembur, masa gue mesti capek berantem sama batin sendiri juga.

Tapi nggak sepenuhnya menyenangkan sih. Lama-lama gue sebel, soalnya daritadi dia ngoceh mulu soal staffnya. Pakdhe tuh gitu, kalau lagi ngomel mulutnya melebihi ibu-ibu gibah marahin anaknya yang main becek-becekan padahal abis mandi. Dia sedang kerja sama salah satu tim yang seniornya baru resign, jadi bawahan dia langsung staff dan intern. Ya mau nggak mau, kerjaannya jadi lebih berat, dan harus menghadapi anak yang beda generasi sama dia.

"Ih, gila. Nggak ngerti gue. Gila-gila-gila." ia menggumam sendiri sambil matanya fokus ke laptop. Nggak tahu berapa kali dia ngomong kata 'gila'. "Kerjaan nggak ada yang selesai gini! Kemarin dia ngapain aja coba? Pusing gue ngadepin yang begini-begini!"

Gue menghela nafas. Sebenernya gue ngerti nggak semua anak jaman sekarang kerjaannya nggak beres. Yang pinter dan bener juga banyak. Gue juga pernah kerja sama gen Z, si Kanaya. Kerjanya sih bagus-bagus aja, cuma emang ngeluhnya terang-terangan banget kalau disuruh lembur. Nggak kayak angkatan gue yang kalo ngeluh diem-diem aja, tetep dikerjain sambil marah-marah dalem hati. Tapi itu juga karena angkatan gue semuanya anak-anak BU dan generasi sandwich, jadi latar belakang keluarga lumayan pengaruh juga.

Pakdhe!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang