PERSAUDARAAN MUHAJIRIN & ANSHOR

971 76 0
                                    

Bab 9

بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Pada awal Islam, kaum muslimin hidup di Mekkah dalam kondisi tertindas. Mereka akhirnya diperintahkan untuk berhijrah ke Madinah dalam rangka menyelamatkan agama Islam. Ketika berhijrah ke Madinah banyak di antara mereka yang tidak membawa harta sedikitpun, begitu juga mereka tidak memiliki seorang pun kerabat di Madinah.

Setelah nabi SAW dan kaum muslimin sampai di madinah, amalan yang pertama kali beliau lakukan adalah membangun masjid dan mempersaudarakan antara Muhajirin dan Ansor.

Muhajirin adalah orang-orang Islam yang berhijrah dari Mekah ke Madinah, adapun Ansor adalah penduduk Madinah yang telah masuk Islam dan menjadi penolong bagi Muhajirin.

Persaudaraan antara muhajirin dan ansor sangat kuat karena dilandasi oleh keimanan kepada Alloh dan Rasul-Nya. Contoh kekuatan persaudaraan tersebut adalah seperti kisah Sa'ad bin Robi' yang menawarkan setengah hartanya untuk dibagi kepada Abdurohman bin Auf. Selain itu, ia juga menawarkan kepada Abdurohman bin Auf untuk mencarikan isteri dari keluarganya sendiri. Contoh lainnya adalah persaudaraan antara Salman al Farisi dengan Abu Darda, Jafar bin Abi Tholib dengan Muad bin Jabal serta masih banyak lagi yang lainnya. Dalam ikatan persaudaraan tersebut mereka saling tolong-menolong dan berbagi dalam kesenangan serta kesedihan. Begitu juga saling melindungi dan membela dalam perkara yang hak.

Dengan persaudaraan tersebut maka bibit-bibit masyarakat Islami terbentuk dan semakin menguat. Akhirnya, kaum muslimin menjadi kaum yang disegani oleh orang-orang yahudi yang tinggal di sekitar Madinah. Hingga akhirnya mereka mendeklarasikan Madinah sebagai negara Islam pertama yang dibangun di atas kedamaian dan ikatan persaudaraan keIslaman.

Banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari kisah persaudaraan antara Muhajirin dan Ansor, di antaranya yaitu,

1. Persaudaraan Islam (ukhuwah Islamiyah) adalah persaudaraan yang diikat dengan akidah Islam dan tidak terbatas pada persaudaraan nasab, suku, ras dan golongan.

2. Persaudaraan Islam adalah kunci keberhasilan membangun kekuatan umat Islam.

3. Persaudaraan Islam adalah persaudaraan yang akan kekal sampai kelak di akhirat.

4. Persaudaraan Islam adalah ikatan yang menjadi sebab seseorang akan meraih syafaat di akhirat.

5. Persaudaraan Islam adalah simbol kekuatan dan persatuan kaum muslimin sepanjang zaman.

Sejarah IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang