Bab 70
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Alloh SWT adalah satu-satunya Robb semesta alam yang maha luas nikmat-Nya. Alloh SWT memberikan nikmat-Nya kepada siapa saja yang Dia kehendaki.
Setiap manusia dituntut untuk ridho terhadap nikmat yang Alloh SWT tentukan atas makhluk-Nya. Karena Alloh SWT Maha Mengetahui siapa saja yang berhak untuk menerima nikmat tersebut. Maka dari itu diharamkan atas manusia memiliki sifat hasad.
Hasad adalah merasa tidak suka dengan nikmat yang telah Alloh berikan kepada orang lain, baik diiringi harapan agar nikmat tersebut hilang ataupun sekedar merasa tidak suka.
Hasad merupakan salah satu penyakit hati yang berbahaya dan termasuk dosa besar yang pelakunya terancam masuk neraka jika tidak bertaubat kepada Alloh SWT.
Kebaikan orang yang hasad pada hari kiamat nanti akan diberikan kepada orang yang dihasadinya. Jika kebaikannya sudah habis maka dosa orang yang dihasadinya akan dikurangi lalu diberikan kepada orang yang hasad. Setelah itu orang yang hasad tersebut akan dicampakkan ke dalam neraka.
➡️ Hasad memiliki banyak bahaya di antaranya:
1. Orang yang hasad sama saja dengan menentang ketentuan Alloh SWT yang Maha Memberi Nikmat.
2. Hasad akan melahap kebaikan seseorang sebagaimana api melahap kayu bakar yang kering.
3. Orang yang hasad tidak akan mendapatkan ketenangan hati.
4. Sifat hasad adalah karakter iblis dan orang-orang Yahudi.
5. Hasad mengurangi kesempurnaan iman seseorang.
6. Pandangan mata yang diiringi hasad akan menyebabkan penyakit dan kematian orang yang dihasadi dan ini merupakan kezoliman yang nyata.
7. Hasad adalah sebab utama yang merusak persaudaraan sesama kaum muslimin.
8. Orang yang hasad selalu memikirkan nikmat yang ada pada orang lain sehingga tidak pernah merasa cukup atas karunia Alloh SWT pada dirinya.
9. Orang yang hasad akan melupakan, meremehkan dan tidak mensyukuri nikmat Alloh SWTyang ada padanya.
10. Orang yang hasad akan kehilangan kehormatan dan harga dirinya sehingga dijauhkan oleh orang lain.
Hasad adalah akhlak yang tercela, maka dari itu wajib bagi setiap muslim untuk menjauhinya dan melatih diri untuk merasa ridho atas nikmat yang Alloh SWT karuniakan kepada dirinya dan kepada orang lain.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...