Bab 71
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Di antara perkara yang dilarang oleh Alloh SWT adalah riba. Praktek ribawi adalah dosa besar yang merebak dan menjamur di masyarakat kita. Padahal, riba memiliki bahaya yang dahsyat bagi pelakunya, baik di dunia maupun di akhirat.
➡️ Di antara bahaya riba yaitu:
1. Pelaku riba akan mendapatkan siksa neraka jika ia tidak bertaubat sebelum meninggal dunia.
2. Alloh mencabut keberkahan harta pelaku riba.
3. Melakukan riba termasuk mengikuti kebiasaan buruk orang Yahudi.
4. Riba diperangi Alloh dan Rosul-Nya.
5. Para pelaku riba akan berdiri seperti kesurupan setan ketika dibangkitkan pada hari kiamat.
6. Pelaku riba diancam akan diceburkan ke dalam sungai darah di neraka.
7. Riba penyebab datangnya laknat Alloh.
8. Riba menyebabkan kehinaan.
9. Riba melahirkan dosa lainnya. Sehingga menghalangi seseorang untuk berbuat ketaatan.
10. Riba menghilangkan keberkahan hidup dan menyebabkan problematika kehidupan.
11. Riba dapat menyebabkan keluarga terlilit utang dan kerusakan moral.
Riba adalah dosa besar yang hukumnya haram berdasarkan dalil al-Qur'an dan hadis. Jika pelakunya tidak bertaubat akan terancam masuk neraka. Jika seseorang menganggap halalnya riba, maka ia kafir dan kekal selamanya di neraka.
Di antara bentuk riba, yaitu meminjam uang atau modal usaha di rentenir atau di bank dengan adanya bunga pinjaman. Meskipun bunga yang diberikan sangat kecil.
Harta riba tidak boleh digunakan menjadi simpanan pribadi atau digunakan untuk menafkahi orang yang wajib dinafkahinya. Akan tetapi, tidak dibolehkan meninggalkan bunga tersebut di bank-bank riba agar tidak digunakan untuk usaha-usaha kemaksiatan dan perusakan umat Islam.
Harta riba harus digunakan untuk kemaslahatan kaum muslimin, untuk membangun sekolah, rumah sakit dan sejenisnya. Namun itu bukan termasuk sedekah, ia hanya merupakan pembersihan harta dari yang haram saja.
Meskipun godaan riba sangat menggiurkan, maka janganlah terjebak dengannya. Bersabarlah terhadap kemiskinan dan kefakiran dunia. Hal ini lebih baik daripada mendapatkan adzab Alloh yang begitu pedih. Bertakwalah kepada Alloh dan janganlah memberi makan diri dan keluarga Anda dengan harta riba.
Yakinlah, sesungguhnya rezeki telah diatur oleh Alloh. Jika kita benar-benar meninggalkan riba, pasti Alloh memberikan jalan keluar dan rezeki yang tidak disangka-sangka.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...