Bab 20
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Nabi Muhammad SAW adalah Nabi yang diutus membawa kasih sayang untuk seluruh alam,baik manusia, binatang maupun tumbuhan. Salah satu tugas Nabi SAW menyempurnakan akhlak yang mulia bagi seluruh manusia.
Di antara bentuk kasih sayang Rosululloh SAW, suatu hari ada orang badui datang ke masjid Nabawi, kemudian dia kencing di pojok masjid. Lalu para sahabat geram dan hendak menghardiknya. Namun Rosululloh SAW mencegah para sahabat dan membiarkan orang badui tersebut menyelesaikan hajatnya. Kemudian setelah itu, Rosululloh SAW menyuruh salah seorang sahabat untuk mengambil seember air lalu disiramkan ke bekas kencing orang badui tersebut.
Rosululloh SAW juga sangat sayang kepada anak kecil. Suatu hari beliau khutbah di atas mimbar, lalu datanglah Hasan dan Husain yang saat itu masih kecil. Lalu Rosululloh SAW menghentikan khutbahnya sejenak dan menuju kedua cucunya tersebut lalu menggendongnya.
Rosululloh SAW juga penyayang kepada pembantunya. Dahulu ada seorang anak Yahudi yang senantiasa melayani Nabi SAW, kemudian ia sakit. Maka, Nabi SAW menjenguknya, lalu beliau duduk di dekat kepalanya, kemudian berkata, "Masuklah Islam!" Maka anak Yahudi itu melihat ke arah ayahnya yang ada di dekatnya, maka ayahnya berkata, 'Taatilah Nabi Muhammad." Maka anak itu pun masuk Islam.
Rosululloh SAW juga berkasih sayang sekalipun kepada musuh-musuh beliau. Pernah suatu hari dikatakan kepada Nabi SAW, "Wahai Rosululloh SAW! Doakanlah keburukan atas kaum musyrikin." Nabi SAW menjawab, "Sesungguhnya aku diutus bukan sebagai pelaknat, namun aku diutus sebagai *rahmat pembawa kasih sayang*."
Ketika Rosululloh SAW hijrah ke Thoif, beliau tidak diterima dakwahnya di sana, bahkan beliau dihina dan dilempari batu hingga kakinya berdarah. Lalu malaikat penjaga gunung menawarkan untuk membinasakan penduduk tersebut jika beliau mengizinkan. Akan tetapi, Rosululloh SAW sangat sayang kepada umatnya, beliau hanya berdoa semoga di antara keturunan mereka kelak ada yang masuk Islam.
Rosululloh juga SAW penyayang kepada hewan. Rosululloh SAW memerintahkan kita jika menyembeliah hewan maka perbaguslah dalam menyembelinya. Dengan menajamkan pisaunya dan tidak menyakitinya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...