Bab 22
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Alloh SWT telah memilih Nabi Muhammad SAW sebagai manusia termulia di antara seluruh makhluk-Nya. Pujian yang sempurna layak kita sampaikan kepadanya. Beliau SAW dipuji Alloh SWT, dipuji oleh segenap malaikat-Nya, dipuji oleh seluruh nabi dan rosul sebelumnya, dipuji oleh penghuni bumi yang kita pijak ini. Sholawat dan salam selalu tercurah atas beliau .
Di antara hak Nabi SAW yang diperintahkan Alloh SWT kepada umatnya adalah agar mereka mengucapkan sholawat dan salam untuk beliau.
Bersholawat secara bahasa berarti doa. Sholawatnya malaikat dan manusia kepada Nabi SAW bermakna berdoa kepada Alloh SWT agar Dia memuji dan memuliakan beliau SAW di dunia dan akhirat. Di dunia Alloh SWT memuliakan penyebutan nama beliau SAW, memenangkan agama dan mengokohkan syariat-Nya yang beliau bawa. Di akhirat dengan melipatgandakan pahala kebaikan beliau SAW, memudahkan syafaat beliau SAW kepada umatnya dan menampakkan keutamaan beliau SAW pada hari kiamat di hadapan seluruh makhluk.
Adapun makna Alloh SWT bersholawat atas Nabi Muhammad SAW adalah pujian Alloh SWT di hadapan para malaikat-Nya.
Sedangkan "salam" yang dimaksud adalah semoga Alloh memberikan penghormatan yang tinggi dan derajat yang mulia kepada Nabi SAW.
Di antara keutamaan sholawat yaitu:
Melaksanakan perintah Alloh SWT, Alloh akan bersholawat baginya sepuluh kali dan dihapuskan sepuluh kesalahannya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat di surga kelak. Mendapatkan syafaat dari Rosululloh SAW di hari kiamat kelak.Secara waktu, sholawat untuk Nabi SAW ada dua: yaitu sholawat mutlak dan sholawat muqoyyad.
Sholawat mutlak artinya sholawat yang bisa dikerjakan di waktu kapan saja, di setiap kesempatan, tanpa batas waktu dan tempat tertentu selain tempat-tempat yang terlarang, seperti toilet.
Sholawat muqoyyad artinya sholawat yang dikerjakan pada kesempatan khusus, baik dikerjakan pada waktu tertentu atau ketika melakukan amal tertentu.
Ada banyak waktu-waktu tertentu di mana kita dianjurkan untuk bersholawat. di antaranya adalah:
Ketika nama Nabi Muhammad SAW disebut, pada hari Jum'at, ketika masuk masjid, saat berdoa, di waktu pagi dan petang, sebelum berdoa, ketika di tempat perkumpulan, setelah takbir kedua dari sholat jenazah dan ketika Tasyahud dalam sholat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...