Bab 23
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Fiqih adalah salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum Islam hasil dari penelitian dalil-dalil al-Qur'an dan hadis yang rinci, yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Alloh SWT.
Pembahasan ilmu fiqih mencakup dua poin besar, yaitu fiqih ibadah dan fiqih muamalah :
Fiqih ibadah yang mencakup:
*1 . Sholat dan yang berkaitan dengannya.
*2. Zakat dengan segala permasalahannya.
*3. Puasa dengan segala permasalahannya.
*4. Haji dengan segala permasalahannya.Fiqih muamalah yang mencakup:
– Jual beli (al bai' at tijaroh)
– Gadai (rahn)
– Jaminan dan Tanggungan (kafalah dan dhaman)
– Pemindahan Hutang (hiwalah)
– Jatuh Bangkit (taflis)
– Batas berindak (al hajru)
– Perseroan atau Perkongsian (asy syirkah)
– Perseroan harta atau tenaga (al mudhorobah)
– Sewa-menyewa tanah (al musaqoh al mukhobaroh)
– Upah (Ujroh al amah)
– Gugatan (Asy Syuf'ah)
– Sayembara (Jua'lah)
– Pembagian kekayaan bersama (al qismah)
– Pemberian (Hibah)
– Pembebasan (al ibra')
– Damai (ash shulhu)Sumber utama ilmu fiqih adalah al-Qur'an, hadis dan ijma'.
Dalam Islam banyak imam yang pakar dalam bidang ilmu fiqih, di antara yang terkenal adalah:
1. *Imam Abu Hanifah*, nama beliau Nu'man bin Tsabit (lahir tahun 80 Hijriyah dan wafat tahun 150 Hijriyah)
2. *Imam Malik*, nama beliau Malik bin Anas bin Malik (lahir tahun 93 Hijriyah dan wafat tahun 179 Hijriyah)
3. *Imam Syafi'i*, nama beliau Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriyah dan wafat tahun 204 Hijriyah)
4. *Imam Hambali*, nama beliau Ahmad bin Muhammad bin Hambal. Juga disebut Imam Ahmad (lahir tahun 164 Hijriyah dan wafat tahun 241 Hijriyah)
Manfaat mempelajari ilmu fiqih adalah mengetahui tata cara ibadah yang benar sesuai dengan tuntunan Rosululloh SAW, mengetahui suatu hukum dalam setiap perkara, mengetahui solusi dalam setiap permasalahan dan terjaga dari ibadah-ibadah yang tidak dicontohkan oleh Rosululloh SAW.
Wajib bagi setiap muslim mempelajari ilmu fiqih, agar terhindar dari kesalahan dalam ibadah dan meraih kebaikan di dunia dan akhirat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...