JIN

154 12 0
                                    

Bab 59

بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Meyakini keberadaan jin merupakan bagian dari beriman terhadap perkara ghaib yang diperintahkan Alloh dan Rosul-Nya. Jin secara bahasa berarti sesuatu yang tertutupi atau tersembunyi, karena mereka adalah makhluk alam ghaib yang wujud keberadaannya tidak terjangkau oleh panca indra.

Jin adalah makhluk alam ghaib yang diciptakan Alloh SWT dari api.

Jin terdiri dari beberapa jenis dan memiliki nama serta sifat yang berbeda-beda. Ada jin yang disebut Iblis, Setan, Ifrit dan Qorin. Ada juga jin yang mempunyai sayap. Jin diberikan kemampuan berubah wujud menjadi bentuk ular atau makhluk-makhluk yang menyeramkan lainnya. Di antara mereka juga ada yang hidupnya menetap dan ada pula yang berpindah-pindah.

Realita tentang jin yang patut kita waspadai adalah mereka bisa melihat kita, namun kita tidak bisa melihat mereka. Dipihak lain, jin memiliki tipikal pendusta. Dia bisa mengaku ingin menjadi teman manusia, mengaku mau membantu manusia, namun sejatinya dia ingin menipunya.

Di antara penyimpangan yang sering kali terjadi terhadap jin seperti menjadikan mereka sebagai khodam atau berteman dan menikah dengan jin.

Ketika manusia melakukan pengabdian dan penghambaan kepada jin, maka jin akan membantu untuk mewujudkan keinginannya. Saat itu jadilah jin bertambah sombong dan manusia bertambah hina serta bergelimang dosa karena melakukan berbagai kesyirikan atas permintaan si jin. Inilah yang diinginkan oleh jin untuk menyesatkan manusia.

Potensi jin untuk menipu manusia yang menjadi rekannya sangat besar. Karena itu, seharusnya makhluk seperti ini dihindari, dijauhi, diwaspadai. Bukan malah dijadikan pelayan, didekati dan diajak kerja sama.

Seorang muslim dilarang meminta bantuan jin untuk tujuan apapun. Karena mereka tidak akan memberi bantuan kecuali manusia harus menaati para jin dalam berbuat maksiat kepada Alloh dan berbuat kesyirikan atau kekufuran.

Siapa saja dari kalangan umat Islam yang memiliki pelayan atau teman dari bangsa jin, maka hendaknya segera bertaubat dan melepaskan segala ikatan dengan jin. Kemudian membentengi diri dengan akidah yang benar serta mengamalkan doa dan zikir yang diajarkan Rosululloh SAW.

Sejarah IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang