Bab 46
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Syirik adalah *menyekutukan Alloh SWT* dengan selain-Nya dalam hal ibadah, perbuatan khusus serta nama-nama dan sifat-sifat Nya. Syirik dalam ibadah seperti, sujud, berdoa, meminta pertolongan, sholat, puasa dan menyembelih hewan untuk selain Alloh. Syirik bisa juga terjadi dalam perbuatan ketuhanan Alloh, nama-nama dan sifat-sifat Nya.
Syirik dalam perbuatan ketuhanan Alloh, seperti meyakini *adanya makhluk sebagai tandingan Alloh* yang bisa menurunkan hujan, menghidupkan, mematikan, memberikan manfaat, menolak bahaya dan perbuatan-perbuatan khusus lainnya yang hanya bisa dilakukan oleh Alloh SWT.
Syirik dalam nama-nama dan sifat-sifat Alloh, seperti menjadikan untuk berhala nama-nama yang diambil dari nama-nama Alloh SWT, sebagaimana perbuatan orang-orang musyrik yang mengambil nama untuk berhala mereka al-uzza dari nama Alloh "al-Aziz", atau menyifati Alloh SWT dengan *sifat-sifat yang menunjukkan kekurangan dan celaan*, sebagaimana ucapan sangat kotor dari orang-orang Yahudi yang mengatakan: "sesungguhnya Alloh itu miskin".
Dari segi besar dan kecilnya, syirik terbagi dua bagian, yaitu syirik akbar (besar) dan syirik asghor (kecil).
Syirik akbar adalah syirik yang menyebabkan pelakunya keluar dari agama Islam. Seperti, larung sesaji kepada jin yang dianggap sebagai penguasa laut, meminta hajat kepada penghuni kubur, sedekah bumi, ruwatan, sihir dan lain sebagainya.
Sedangkan ,syirik asghor adalah perbuatan-perbuatan yang masuk dalam kategori syirik tetapi tidak sampai mengeluarkan pelakunya dari Islam. Seperti, mengatakan *"seandainya bukan karena kamu, maka akan celaka begini dan begitu..."*, bersumpah dengan selain Alloh, menjadikan jimat sebagai perantara untuk menolak kecelakaan atau mendatangkan kebaikan, dan lain sebagainya.
➡️ Perbedaan syirik Akbar dengan syirik Ashgor adalah
a. Syirik akbar adalah dosa yang *tidak akan diampuni oleh Alloh* di akhirat, apabila pelakunya tidak bertaubat sebelum meninggal. Sedangkan syirik kecil *tergantung atas kehendak Alloh*, yaitu jika dikehendaki Alloh bisa mengampuni dan jika tidak, Alloh akan menyiksanya.
b. Syirik akbar membuat *pelakunya keluar dari Islam*, sedangkan syirik ashgor *tidak mengeluarkan dari islam*.
c. Syirik akbar menjadikan *pelakunya kekal dalam neraka*, sedangkan syirik ashgor *tidak kekal di neraka*.
d. Syirik akbar *menghapuskan seluruh amalan ibadah*, sedangkan syirik ashgor *hanya menghapus amalan ibadah yang terdapat syirik saja*.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...