Bab 30
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
air ke seluruh badan secara merata dengan niat ibadah karena sebab-sebab yang mewajibkan mandi.
Syarat dan rukun mandi wajib adalah *niat di dalam hati dan mengalirkan air ke seluruh anggota tubuh*.
*Hal-hal yang Mewajibkan Mandi adalah:
1. *Keluarnya air mani* baik ketika tidur atau terjaga, baik laki-laki maupun perempuan.
2. *Bertemunya dua kemaluan (bersetubuh)* sekalipun tidak keluar air mani.
3. *Terhentinya darah haid dan nifas*.
4. *Kematian*. Maksud wajib mandi di sini adalah ditujukan kepada orang yang hidup agar memandikan orang yang mati.
5. Orang kafir apabila *masuk Islam*.*Tata cara mandi wajib adalah sebagai berikut:
1. *Niat* mandi di dalam hati.
2. *Mencuci kedua* tangannya agar bersih.
3. *Mencuci kemaluannya*.
4. Mencuci *tangan bekas mencuci kemaluannya* tersebut dengan sabun atau selainnya.
5. *Berwudhu* dengan sempurna seperti wudhu untuk sholat. Akan tetapi, untuk kaki boleh dicuci saat wudhu tersebut atau ia tunda hingga selesai mandi.
6. *Menyiramkan air ke kepala* dan menggosok-gosoknya sebanyak 3 kali agar air sampai ke kulit kepala. Sedangkan untuk wanita tidak perlu membuka ikatan rambutnya pada mandi junub, dan wajib membuka ikatan rambutnya pada mandi haid.
7. Mengguyur dengan *air ke seluruh anggota badan* dimulai dari badan bagian kanan lalu bagian kiri, dengan memperhatikan lubang-lubang kuping, hidung dan lain-lain agar air masuk secara merata.
Sebelum seseorang melakukan mandi wajib, maka hendaknya *terlebih dahulu menghilangkan* segala sesuatu yang dapat menghalangi sampainya air ke seluruh tubuh seperti cat kuku (cutek), lem, cat dan yang semisalnya.
*Mandi wajib memiliki beberapa hikmah, di antaranya yaitu :
1. *Mendapatkan pahala*, karena mandi wajib termasuk bentuk ibadah.
2. Seorang muslim yang mandi, maka badannya akan *bersih dari kotoran atau keringat* yang dapat menyebabkan penyakit dan mendatangkan bau yang tidak sedap.
3. Mengembalikan *kesegaran dan kebugaran tubuh*, menumbuhkan rasa semangat, menghilangkan rasa lesu, letih dan malas.
4. *Menyehatkan* saraf-saraf tubuh
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...