NABI ILYAS 'ALAIHIMASSALAM

78 4 0
                                    

Nabi Ilyas 'alaihissalam adalah putra Yasin bin Finhash dan salah satu keturunan Nabi Harun 'alaihissalam. Dia diutus oleh Alloh ta'ala  untuk menjadi seorang Nabi dan menjadi pembimbing bagi kaumnya. Ia mendapat amanat untuk mengajak Bani Isroil kembali kepada ajaran Alloh. Ketika itu Bani Isroil terkenal akan kebiasaan menyembah berhala yang bernama Ba'la. Berhala itu berada di tengah-tengah kota, sehingga kota tersebut dijuluki dengan kota Ba'labak yang saat ini masuk wilayah negara Lebanon.

Nabi Ilyas 'alaihissalam memulai misinya dengan berdakwah kepada kaum Bani Israil. Ia selalu mengingatkan dan mengajak kaum Bani Isroil untuk kembali kepada ajaran Alloh. Namun, Bani Isroil bersekongkol untuk menyingkirkan Nabi Ilyas 'alaihissalam. Nabi Ilyas 'alaihissalam pun terpaksa berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk menghilangkan jejaknya.

Suatu hari, Nabi Ilyas 'alaihissalam sampai di sebuah rumah yang dihuni oleh keluarga yang baik hati. Mereka menerima Nabi Ilyas 'alaihissalam tanpa pamrih. Saat itu, salah satu anggota keluarga di rumah itu sedang menderita sakit. Orang itu adalah Nabi Ilyasa  . Ketika masih muda, Nabi Ilyasa   menderita sakit keras. Akhirnya, Nabi Ilyas 'alaihissalam berdoa kepada Alloh ta'ala  untuk memohon kesembuhan Nabi Ilyasa  . Dengan izin Alloh, Nabi Ilyasa   sembuh dari penyakitnya tersebut. Sejak saat itu Nabi Ilyasa   senantiasa menemani Nabi Ilyas 'alaihissalam dalam berdakwah.

Sementara itu, tiga tahun telah berlalu sejak Nabi Ilyas 'alaihissalam diusir oleh Bani Isroil. Maka, Bani Isroil dilanda kekeringan, kelaparan dan kematian pun menjadi pemandangan sehari-hari. Akhirnya, mereka bersepakat untuk mencari Nabi Ilyas 'alaihissalam kembali. Mereka berharap agar Nabi Ilyas 'alaihissalam dapat membantu mereka keluar dari penderitaan yang telah berlangsung lama tersebut. Setelah melakukan pencarian yang cukup lama, akhirnya Bani Isroil dapat menemukan Nabi Ilyas 'alaihissalam yang telah ditemani Nabi Ilyasa  . Nabi Ilyas 'alaihissalam pun berdoa kepada Alloh ta'alauntuk kebaikan kaumnya. Alloh ta'ala  , mengabulkan doa Nabi Ilyas 'alaihissalam, lalu hujan pun turun dan sawah ladang menjadi subur kembali serta binatang-binatang berkembang biak dan menurunkan anak-anaknya dengan jumlah yang sangat banyak.

Setelah itu mereka kembali ingkar setelah mendapatkan nikmat dari Alloh. Akhirnya, Alloh ta'alaturunkan kepada mereka azab pedih yang menghancurkan mereka semuanya.

Sejarah IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang