BUNUH DIRI

154 9 0
                                    

Bab 68

بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Ketika menghadapi cobaan hidup, sebagian orang yang lemah imannya akan mengambil "jalan pintas" dengan cara bunuh diri. Mereka menganggap bahwa bunuh diri adalah solusi cepat untuk mengatasi berbagai macam problematika kehidupan. Padahal, bunuh diri bukanlah solusi dan bukanlah jalan pintas, bahkan bunuh diri adalah dosa yang sangat besar dalam Islam.

Kematian adalah awal kehidupan akhirat yang kekal. Orang yang bunuh diri sesungguhnya berpikiran pendek dan dangkal dengan beranggapan bahwa jika ia mati maka berakhirlah semuanya. Justru kehidupan setelah kematian itu adalah kehidupan sesungguhnya yang kekal dan berat.

Jika seseorang yang tidak memiliki bekal yang cukup untuk akhiratnya lalu ia mengakhiri hidupnya di dunia dengan dosa besar, yaitu bunuh diri, maka ia meninggalkan masalah yang jauh lebih kecil di dunia jika dibandingkan dengan masalah di akhirat, lalu menghadapi masalah yang lebih besar dan lebih berat di akhirat.

Orang yang bunuh diri akan akan mendapatkan ancaman yang keras, yaitu ia akan masuk neraka Jahannam yang merupakan seburuk-buruk tempat. Di dalamnya ia akan terus diadzab dengan cara yang sama sebagaimana ia bunuh diri dengannya dengan cara tersebut.

Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besi itu kelak akan berada di tangannya dan akan dia gunakan untuk menikam perutnya sendiri di dalam neraka Jahannam.

Barangsiapa bunuh diri dengan minum racun, maka kelak ia akan meminumnya di dalam neraka Jahannam.

Barangsiapa yang bunuh diri dengan menjatuhkan dirinya dari atas gunung, maka dia akan dijatuhkan dari tempat yang tinggi di dalam neraka Jahannam.

Janganlah menjadikan bunuh diri sebagai solusi dari segala permasalahan dunia. Karena bunuh diri bukanlah solusi, bahkan justru ia akan menambah permasalahan-permasalahan yang lain bagi orang yang ditinggalkannya.
Ketahuilah bahwa setiap masalah yang kita hadapi itu pasti ada solusinya. Karena Allah Ta'ala tidak akan membebani sesuatu kepada kita kecuali masih dalam batas kemampuan kita.

Alloh SWT akan memberikan solusi jika ia kembali kepada-Nya, dengan menjalankan berbagai ketaatan dan menjauhi segala larangan-Nya.

Sejarah IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang