NABI YUNUS 'ALAIHIMASSALAM

74 4 0
                                    

Di daerah Mosul, Irak, terdapat sebuah kampung bernama Ninawa yang penduduknya berpaling dari jalan Alloh dan menyembah patung dan berhala. Alloh ta'ala ingin memberikan petunjuk kepada mereka dan mengembalikan mereka ke jalan yang lurus, maka Alloh pun mengutus Nabi Yunus 'alaihissalam.

Setelah diutus Nabi Yunus, mereka justru menolak untuk beriman kepada Alloh dan tetap memilih menyembah patung dan berhala. Selain itu, mereka senantiasa menghina Nabi Yunus. Pada suatu hari Nabi Yunus 'alaihissalam merasa jengkel kepada kaumnya dan tidak begitu berharap lagi terhadap keimanan mereka.

Alloh ta'ala pun mewahyukan kepada Yunus untuk memberitahukan kaumnya, bahwa Alloh akan mengazab mereka setelah berlalu tiga hari. Lalu Nabi Yunus 'alaihissalam menyampaikan perihal azab itu kepada kaumnya dan mengancam kaumnya dengannya, kemudian ia pun pergi meninggalkan mereka.

Ketika itu, kaum Yunus mengetahui bahwa Nabi Yunus 'alaihissalam telah pergi meninggalkan mereka sehingga mereka yakin azab akan turun dan. Mereka sebenarnya tahu bahwa Yunus adalah seorang nabi.  Akhirnya, mereka segera bertaubat kepada Alloh ta'ala dan menyesali sikap mereka. Ketika Alloh melihat nya taubat mereka, maka Alloh menghilangkan azab itu dari mereka serta menjauhkannya.

Setelah peristiwa itu, Nabi Yunus tetap meninggalkan kampung kaumnya padahal Alloh belum mengizinkannya. Nabi Yunus pergi ke tepi laut dan menaiki kapal. Saat itu, kapal yang ditumpanginya membawa barang-barang yang sangat berat dan hampir karam diterpa gelombang. Lalu sebagian muatan terpaksa dilempar ke laut untuk meringankan beban. Meskipun demikian, kapal itu tetap saja oleng hampir tenggelam, maka para penumpangnya pun bermusyawarah untuk meringankan beban kapal dengan melempar salah seorang ke laut. Mereka pun melakukan undian dan ternyata undian itu selalu jatuh kepada Nabi Yunus. Maka Nabi Yunus bangkit dan melepas bajunya, kemudian melempar dirinya ke laut.

Pada saat yang bersamaan, Alloh ta'ala telah mengirimkan ikan besar untuk menelannya. Kemudian Alloh ta'ala memerintahkan ikan itu memuntahkan kembali Nabi Yunus ke pinggir pantai. Saat itu, Alloh ta'ala menumbuhkan pohon sejenis labu yang ia dapat berteduh dengannya dan makan dari buahnya.

Akhirnya, Alloh ta'ala memerintahkan Nabi  Yunus agar kembali kepada kaumnya untuk memberitahukan mereka, bahwa Alloh ta'ala telah menerima taubat mereka dan ridha kepada mereka.

Sejarah IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang