Bab 44
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Qurban adalah *menyembelih binatang ternak di hari raya idul adha* atau di hari-hari tasyriq (11, 12, 13 Zulhijjah) dalam rangka mendekatkan diri kepada Alloh SWT.
Ibadah qurban adalah ibadah yang ada hubungannya dengan harta, oleh karena itu *kurban hanya disyariatkan kepada mereka yang memiliki kemampuan*.
*Binatang ternak yang boleh diqurbankan adalah unta, sapi, kerbau dan kambing*. Seekor unta boleh dijadikan qurban untuk 10 orang. Seekor sapi boleh dijadikan qurban untuk 7 orang. Sedangkan seekor kambing hanya untuk qurban 1 orang.
Pahala qurban boleh diniatkan untuk seluruh anggota keluarga meskipun jumlahnya banyak.
➡️ Di antara keutamaan berqurban:
1. Mendekatkan diri kepada Alloh SWT.
2. Bentuk kepatuhan dan ketaaan kepada Alloh SWT.
3. Saksi amal di hadapan Alloh SWT.
4. Memupuk rasa solidaritas umat.
5. Amalan yang dicintai Alloh di hari raya Idul Adha.
6. Meneladani sunnah Nabi Ibrohim dan Ismail.➡️ Syarat-syarat sah melakukan qurban adalah sebagai berikut:
1. Binatang qurban hendaknya tidak cacat
Seperti rusak matanya, sakit parah, pincang, kurus dan tidak berdaya.
2. Binatang qurban telah mencapai umur tertentu
Bagi unta yang berumur 5 tahun atau lebih. Sapi atau kerbau yang berumur 2 tahun atau lebih. Kambing yang berumur 1 tahun atau lebih. Domba diperbolehkan berumur enam bulan, jika sulit mendapatkan umur 1 tahun.3. Qurban dilakukan pada waktu yang telah ditentukan . Yaitu pada tanggal 10 Zulhijjah setelah melaksanakan sholat Idul Adha sampai sebelum terbenam matahari tanggal 13 Zulhijjah.
➡️ Sunnah-sunnah berqurban:
1. Memilih hewan qurban yang gemuk.
2. Bagi yang berqurban tidak memotong kuku dan memotong rambut sejak awal bulan Zulhijjah sampai hewannya dipotong.
3. Berdoa agar diterima qurbannya.➡️ Adab penyembelihan:
1. Menyembelih sendiri qurbannya atau menghadiri penyembelihannya, jika diwakilkan kepada orang lain.
2. Hendaknya memakai alat yang tajam untuk menyembelih.
3. Hewan qurban dibaringkan di atas lambung kirinya dan dihadapkan ke kiblat.
4. Membaca basmalah dan takbir ketika menyembelih hewan qurban.➡️ Orang yang berhak menerima daging qurban adalah:
1. Orang yang berkurban dan keluarganya, kecuali jika nazar untuk berkurban.
2. Kerabat, teman dan tetangga sekitar.
3. Orang fakir dan miskin
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...