Bab 34
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Ibadah sholat tidak akan sah dan diterima Alloh SWT, kecuali *harus sesuai dengan tata cara yang diajarkan oleh Rosululloh SAW*.
*Adapun tata cara sholat yang dicontohkan Rosululloh SAW adalah:
1. Bersuci yaitu *berwudhu* dengan sempurna.
2. Berdiri *menghadap kiblat*.
3. *Niat dalam hati* dan tidak perlu dilafazkan.
4. *Takbirotul ihrom* dengan mengucapkan "Allohu Akbar" sambil mengangkat kedua tangan sejajar daun telinga atau bahu.
5. *Meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri* antara dada dan pusar dengan menggenggam pergelangan tangan kiri atau lengan tangan kiri.
6. Membaca *doa iftitah*.
7. Membaca *ta'awudz* (audzubillahi minassyaithonir rojim).
8. Membaca surat *al-Fatihah*.
9. Setelah mengucapkan: Waladhdhollin, maka hendaknya *mengucapkan: Aamiin*.
10. Kemudian *ruku' dengan posisi kepala dan punggung rata dan lurus*. Kemudian membaca doa ruku'.
11. Kemudian *i'tidal yaitu bangun dari ruku'* dengan mengangkat kedua tangan sejajar bahu atau telinga dan mengucapkan "Sami'allohu liman hamidah" hingga berdiri tegak, kemudian membaca doa "Robbana walakal hamdu".
12. *Sujud dengan tujuh anggota sujud* (kening dan hidung, dua telapak tangan, dua lutut, dua ujung kaki. Kemudian membaca doa sujud.
13. *Duduk di antara dua sujud*, yaitu dengan meletakkan punggung kaki kiri di lantai dan mendudukinya, serta menegakkan telapak kaki kanan sambil menghadapkan jari-jarinya ke arah kiblat. Kemudian membaca doa di antara dua sujud.
14. Kemudian *sujud yang kedua* dengan melakukan seperti sujud yang pertama.
15. *Duduk tahiyat awal* di rokaat kedua yang tata caranya sama seperti duduk di antara dua sujud.
16. Duduk *tahiyat akhir*, yaitu menegakkan telapak kaki kanan sambil melipat jari-jari kakinya ke arah kiblat dan meletakkan telapak kaki kiri di bawah betis kaki kanan sambil duduk dengan pinggul kiri di atas lantai. Posisi tangan kanan mengepal dengan jari telunjuk diisyaratkan mengarah ke kiblat dari awal tahiyat hingga selesai. Pandangan mata diarahkan ke telunjuk.
17. *Mengucapkan salam* ke kanan dan ke kiri.
Demikianlah *tata cara sholat sesuai dengan tuntunan Rosululloh SAW*. Semoga kita dimudahkan untuk bisa mengamalkannya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...