Bab 73
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Zakat adalah sejumlah harta tertentu yang diambil dari harta tertentu dan wajib diserahkan kepada golongan tertentu.
Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang lima. Orang yang mengingkari kewajiban zakat dihukumi kafir dan keluar dari agama Islam.
➡️ Zakat yang diwajibkan dalam Islam ada dua :
Pertama, zakat mal (harta) berupa zakat harta kekayaan, hasil perdagangan, peternakan, pertanian, harta karun yang ditemukan dan perhiasan. Zakat mal diberikan kepada 8 golongan yaitu fakir, miskin, petugas zakat, muallaf, orang yang terlilit hutang, musafir yang kehabisan bekal dan jihad di jalan Alloh.
Kedua, zakat fitri berupa bahan makanan pokok masyarakat setempat yang dikeluarkan di akhir bulan Romadhon sebelum dilaksanakannya sholat idul fitri dan diberikan kepada fakir miskin.
➡️ Disyariatkannya zakat mempunyai tujuan dan hikmah besar, di antaranya
1. Mengentaskan kemiskinan.
2. Membersihkan dan menumbuhkembangkan harta.
3. Menyucikan jiwa dari bakhil, kikir dan kerakusan serta ketamakan.
4. Menyantuni fakir miskin yang kelaparan dengan mencukupi kebutuhannya.
5. Menjaga kemashlahatan umat, yaitu dengan tercapainya kebahagiaan hidup bersama.✨Orang yang tidak menunaikan zakat diancam dengan adzab di dunia dan di akhirat.
➡️ Ancaman di dunia bagi orang yang tidak menunaikan kewajiban zakat, yaitu :
1. Dihilangkan keberkahan hartanya.
2. Terancam ditimpa musim kemarau yang panjang.
3. Susah dan malas untuk beramal sholih.
4. Ditimpa kemiskinan dan kefakiran.
5. Menyebabkan banyak tindak kriminalitas dan kejahatan.➡️ Adapun ancaman di akhirat bagi orang yang tidak menunaikan zakat yaitu:
1. Akan disetrika dahi, lambung dan punggungnya dengan emas dan perak simpanannya dalam Neraka Jahannam.
2. Harta simpanannya akan diubah menjadi seekor ular berbisa yang ganas dan akan melilitnya serta mematuknya.
3. Unta, sapi maupun domba apabila tidak ditunaikan zakatnya maka pada hari kiamat hewan-hewan tersebut akan menjadi lebih besar dan akan menyerangnya dengan tanduknya serta menginjak-injaknya.
Harta adalah ujian dan fitnah bagi manusia, maka jangan sampai harta tersebut menjadi sebab mendapatkan adzab yang pedih di neraka, karena tidak ditunaikan haknya yaitu dikeluarkan zakatnya.
Harta yang dikeluarkan zakatnya pada hakikatnya tidak berkurang, akan tetapi semakin bertambah, baik zatnya atau keberkahannya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...