Bab 18
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Dalam perjalanan hidup Nabi SAW, salah satu momen besar yang menjadi perpisahan beliau dengan umatnya adalah peristiwa haji wada' atau haji perpisahan.
Saat itu, Alloh SWT telah memperlihatkan sebagian hasil dari dakwah beliau SAW. Sebelum beliau wafat, beliau diperlihatkan hampir semua wilayah di Jazirah Arab telah menerima cahaya Islam. Dan Mekah telah kembali kepada hakikatnya, dimana Alloh ditauhidkan dan tidak disekutukan dengan sesuatu apapun.
Pada akhir tahun 10 H, tampaklah beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa ajal Rosululloh SAW telah dekat.
Pada bulan Dzul Qa'dah tahun 10 H, mulailah Nabi SAW mempersiapkan diri untuk menunaikan haji yang pertama sekaligus yang terakhir dalam kehidupan beliau. Yang kemudian dicatat sejarah dengan istilah haji wada'.
Rosululloh SAW menyeru kaum muslimin dari berbagai kabilah untuk menunaikan ibadah haji bersamanya. Jamaah haji pada tahun itu berjumlah 100.000 orang bahkan lebih.
Setelah menempuh delapan hari perjalanan, sampailah Rosululloh SAW di Mekah al-Mukaramah. Beliau berthawaf di Ka'bah, setelah itu sa'i antara Shafa dan Marwa.
Pada tanggal 8 Dzul Hijjah 10 H, Nabi SAW berangkat menuju Mina. Beliau sholat Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya di sana. Kemudian bermalam di Mina dan menunaikan sholat Subuh juga di tempat itu.
Setelah matahari terbit, beliau berangkat menuju Arafah. Setelah matahari mulai bergeser, condong ke barat, beliau SAW mulai memberikan khutbah.
Setelah beliau berkhutbah, Alloh Ta'ala menurunkan surat al-Maidah ayat 3, yang menunjukkan bahwa Islam telah sempurna. Dari ayat tersebut, Umar merasakan bahwa ajal Nabi SAW telah dekat.
Apabila syariat telah sempurna, maka wahyu pun akan terputus. Jika wahyu telah terputus, maka tiba saatnya Rosululloh SAW akan wafat.
Beliau SAW menetap di Mina di hari tasyrik yang ke-3. Setelah itu beliau pulang kembali ke Mekah untuk melaksanakan thowaf wada'. Kemudian beliau langsung berangkat menuju Madinah. Dan berakhirlah prosesi haji yang beliau lakukan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...