Bab 80
بسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Sholat adalah ibadah yang agung untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Alloh SWT memerintahkan manusia untuk mendirikan sholat.
Di antara keutamaan sholat yaitu: tiang agama, amal pelebur dosa, ibadah yang pertama kali dihisab, cahaya bagi pelakunya di akhirat, mengangkat derajat seseorang, sebab masuk surga, syariat yang langsung diterima Rosululloh SAW di atas langit.
Bagi laki-laki diwajibkan sholat wajib 5 waktu berjamaah dimasjid.Karena ia lebih utama 27 derajat dibandingkan sholat sendirian. Jika tidak ada udzur syar'i janganlah meninggalkan sholat berjamaah, sebab siapa saja yang senantiasa meninggalkan sholat berjamaah tanpa udzur syar'i, maka ia terancam kemunafikan.
Sholatlah dengan baik dengan mengikhlaskan niat karena Alloh, menyempurnakan wudhu, sempurnakanlah barisan sholat dengan merapatkan kaki dan bahu, sempurnakanlah syarat, rukun dan sunnah sholat, tenang dan khusyu' dalam melaksanakan sholat.
Dilarangan mengakhirkan sholat, karena mengakhirkan sholat hingga keluar waktunya termasuk pelaku dosa besar. Sesungguhnya orang yang melalaikan sholat terancam dengan adzab neraka, ia termasuk orang yang merugi dan celaka.
Orang-orang yang melalaikan sholat dengan mengakhirkan pelaksanaannya di akhir waktu akan mudah melalaikan kewajiban yang lain, bukan hanya kewajiban dari Alloh swt tetapi juga kewajiban dari manusia. Karena sholat adalah tiang agama dan kewajiban yang paling utama.
Orang yang melalaikan sholat tidak layak diberikan kepercayaan dan amanah apapun juga, karena pasti ia tidak akan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya. Standar penilaian baiknya seseorang dilihat dari sholatnya, apabila ia adalah orang yang melaksanakan kewajiban sholat dengan sempurna, maka akhlak dan perangainya pasti baik.
Orang-orang yang melalaikan sholat adalah mereka yang mengikuti hawa nafsunya dan memburu kesenangan dunia yang sedikit dan sementara. Mereka disibukkan mencari kesenangan dunia karena merasa tenang dengannya, hingga ia meremehkan perintah Alloh SWT yang paling utama.
Di antara bahaya meninggalkan sholat, yaitu:
1. Membatalkan keislaman.
2. Mendapatkan siksaan yang pedih di akhirat.
3. Tidak mendapatkan ketenangan hidup di dunia.
4. Dijauhi oleh Alloh dan orang-orang beriman.
5. Disifati dengan sifat-sifat kemunafikan.Janganlah tinggalkan sholat dimana pun dan kapan pun. Sholatlah tepat pada waktunya sebab itulah yang diajarkan oleh Rosululloh SAW yang akan menyelamatkan kita dunia dan akhirat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sejarah Islami
Historical FictionBelajar bareng2 supaya pinter bareng2!🙌🏻 Semoga, apa yang kalian baca bermanfaat & manjadi sumber pengetahuan kita semua :) Manusia miskin ilmu, masih banyak belajar dan akan terus belajar. -AKU- ⚠️ sebagian bahas tentang fiqih , cerita nabi dll T...